6 Manfaat Daun Sirsak

81 / 100

Manfaat Daun Sirsak

Sangat mudah buah ini di temukan di Indonesia, buah yang memiliki segudang manfaat, tidak hanya buahnya tetapi juga daunnya memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daun sirsak dengan cara diolah secara tradisional ataupun di olah dengan modern seperti halnya menyeduh teh yang kemudian di minum.

Daun Sirsak
Manfaat daun sirsak
Daun Sirsak

Daun sirsak adalah mengandung sifat yang banyak antara lain yaitu sifat antimikroba, sifat antipiretika, antiparasit serta daun sirsak juga memiliki sifat kardioprotektif.

Baca Juga: Cara Menjaga Ginjal Kita

Adapun manfaat daun sirsak bagi Kesehatan tubuh kita yaitu:

  1. Manfaat daun sirsak untuk mengobati maag, hal ini karena dalam daun sirsak memiliki zat yang dapat mengurangi peradangan dan bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit.
    Tak hanya itu, daun sirsak juga turut meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan begitu, proses penyembuhan maag bisa dipersingkat karena daya tahan tubuh lebih meningkat.
  2. Meredakan insomnia daun sirsak memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, sehingga bertindak sebagai obat penenang.
    Oleh sebab itu, daun sirsak dapat digunakan untuk meredakan insomnia atau kesulitan tidur. Bukan hanya itu, minum segelas ekstrak daun sirsak juga mampu membantu meredakan stres.
  3. Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah meredakan radang tenggorokan, membantu mengatasi infeksi terutama di saluran pernapasan.
    Dam selain itu, sifat antiinflamasi dalam daun sirsak juga membantu meredakan radang tenggorokan serta hidung tersumbat.
  4. Berpotensi mencegah kanker Menurut laman WebMD, buah maupun daun sirsak mengandung antioksidan termasuk pitosterol, tanin, dan flavonoid.
    Antioksidan berperan penting meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu melindungi dari berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.
  5. Menurunkan tekanan darah Daun sirsak kaya akan kalium dan zat besi. Kedua bahan ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Manfaat daun sirsak yang ke enam adalah mampu menurunkan gejala asam urat, daun sirsak juga dapat menurunkan gejala asam urat. Karena dalam daun sirsak mengandung tanin, resin, dan crytallizable magostine yang dapat mengatasi nyeri sendi pada pasien asam urat.
    Ketiga senyawa tersebut juga memiliki sifat analgesik, antiiflamasi, dan antioksidan. Sifat antioksidan dalam daun sirsak ini turut bermanfaat mengurangi pembentukan asam urat.
    Kalium meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik. Di sisi lain, zat besi membantu mengatur detak jantung. Inilah mengapa minum air rebusan daun sirsak bagus untuk seseorang yang ingin menurunkan tekanan darah.

Namun demikian, bagi pasien pengobatan tekanan darah tinggi atau diabetes, tak boleh mengonsumsi ekstrak daun sirsak.

A Comprehensive Mechanistic Review (2018), disebutkan bahwa efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak tanaman sirsak membantu mengobati berbagai kanker. Kanker tersebut, antara lain kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, serviks, ovarium, mulut, dan kulit.

Bahan bio aktif yang disebut sebagai annonaceous acetogenins (AGEs) dalam tanaman ini juga dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

Sebab, senyawa dalam daun sirsak dapat berinteraksi dan memperkuat efek obat kedua masalah kesehatan tersebut. Hal ini berisiko menyebabkan penurunan yang berbahaya pada tekanan darah atau kadar gula darah.

Referensi: Tren Kompas.com

Baca Juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Artikel Terkait

WiryaOne adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta edukasi, kreatifitas dalam dunia internet.

Tinggalkan komentar