Gerakan Dasar Dalam Permainan Bulu Tangkis

31 / 100

Gerakan Dasar Dalam Sejarah Bulu Tangkis

Bulutangkis adalah salah satu olah raga yang dilakukan satu orang (tunggal) atau tim (ganda) dengan dibatasi net, pendapat ini menurut Badmintonwa, dimana pemain mendapatkan nilai apabila berhasil meletakkan shuttlecock di area lawan, lawan tidak bisa mengembalikan.

Olahraga ini dapat dilakukan di luar dan dalam ruangan. Sejak tahun 1992, bulutangkis menjadi olahraga populer dalam olimpiade.

Bulutangkis menghendaki para pemain dalam kondisi tubuh yang bugar, kuat, semangat, cepat, dan tepat. Dalam teknisnya, pemain bulu tangkis wajib memiliki kemampuan motorik yang bagus dan cekatan saat menggunakan raket.

Teknik dasar bulutangkis adalah materi pokok yang harus dikuasai tiap pemain. Teknik dasar dapat dilatih secara berkala untuk teknik permainan yang lebih baik.

Sejarah Bulu Tangkis
Dikutip dari buku Shuttlecock/Kock: Menari Indah di Udara oleh Kemendikbud, bulutangkis mulanya berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Ada juga yang menyebut perkembangan bulutangkis terjadi di India dan Tiongkok.

Saat itu di China dan Inggris, terdapat permainan yang melibatkan kock tetapi tidak menggunakan raket. Kock dipukul dengan tongkat atau dayung. Permainan ini cukup populer di sepanjang jalanan Inggris pada tahun 1854.

Sedangkan olahraga Bulutangkis adalah yang sifatnya kompetitif diciptakan Tentara Britania di Pune, India. Pada abad 19 mereka menambahkan jaring (net) di tengah dan bermain secara berlawanan. Itulah sebabnya bulutangkis kerap disebut Poona (Pune).

Manfaat Permainan Bulutangkis

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot
    Salah satu manfaat penting dari bermain bulutangkis adalah meningkatkan kekuatan otot dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Apabila berminat untuk membentuk otot tubuh, permainan bulutangkis direkomendasikan.
  2. Meningkatkan Fungsi Jantung
    Pergerakan yang dilakukan saat bermain bulutangkis meningkatkan kesehatan dan kekuatan jantung. Selain itu, rutin bermain olahraga ini juga mengurangi risiko terkena kolesterol dan serangan jantung.
  3. Mengurangi Stres
    Manfaat permainan bulu tangkis adalah mengurangi stres. Dengan bermain bulutangkis secara rutin, maka hormon stres akan lepas dan digantikan dengan perasaan bahagia.
  4. Meningkatkan Fleksibilitas
    Kebiasaan menggerakan tangan saat bermain bulutangkis menyebabkan otot lebih fleksibel. Tentu saja itu sangat bermanfaat, sebab fleksibilitas otot mendorong seseorang untuk hidup sehat.
  5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Bulutangkis adalah olahraga yang menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat dan berdampak dengan turunnya berat badan. Itulah sebabnya, metabolisme meningkat dan tubuh menjadi bugar.
  6. Memperkuat Tulang
    Permainan bulutangkis memiliki manfaat baik bagi kesehatan tulang, salah satunya mengurangi risiko patah tulang dan membuat postur tubuh terlihat bagus.
  7. Membina Kekuatan Mental
    Permainan bulutangkis selain memacu adrenalin juga mendorong seseorang untuk bergerak lebih cepat dan tepat. Tentu saja itu membutuhkan mental yang kuat, termasuk konsentrasi penuh dan keinginan untuk menang.
  8. Baik untuk Kehidupan Sosial
    Bulutangkis adalah permainan yang dilakukan lebih dari satu orang, baik berdua maupun berempat yang saling berlawanan. Ini adalah hal yang baik untuk kehidupan sosial, cobalah untuk mengajak teman dan keluarga untuk bermain olahraga ini.
  9. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Bermain bulutangkis mendorong seseorang untuk berkeringat dan menurunkan kalori dalam tubuh. Sehingga cocok dijadikan olahraga pendamping saat diet.
  10. Mengurangi Risiko Diabetes
    Selain untuk diet, permainan bulutangkis juga mengurangi risiko terkena diabetes.
  11. Bulutangkis adalah Meningkatkan Kapasitas Paru-paru
    Kapasitas paru-paru pemain bulutangkis lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak bermain bulutangkis. Hal ini disebabkan oleh hormon adrenalin yang memengaruhi sistem pernapasan.
  12. Baik untuk Kesehatan Otak
    Pertandingan bulutangkis juga menyebabkan terjadinya produksi endorphin, yaitu neurotransmitter yang membuat otak merasakan senang dan rileks.
  13. Permainan yang Menunjang Kreativitas
    Hal ini berkaitan dengan permainan bulutangkis yang erat kaitannya dengan strategi. Pemain harus memikirkan bagaimana saat melawan, dan strategi apa yang akan digunakan saat menyerang lawan.
  14. Refleks Menjadi Lebih Baik
    Refleks di sini berkaitan dengan kecepatan seseorang secara fisik maupun mental. Contohnya, tubuh harus bergerak cepat saat mengayunkan raket dan secara mental harus berpikir bagaimana untuk melawan secara tepat.

Teknik Dasar Bulutangkis dan Penjelasannya
Terdapat 3 teknik dasar bulutangkis, yaitu teknik memegang raket, teknik footwork, dan teknik memukul. Berikut penjelasannya!

a. Teknik Memegang Raket
Teknik memegang raket adalah teknik yang sangat dasar untuk bermain bulu tangkis, terdapat 4 cara melakukan teknik memegang raket, di antaranya:

American Grip: memegang raket dengan memposisikan ibu jari serta telunjuk menempel di area handle raket.
Forehand Grip: memegang raket dalam posisi miring dengan ibu jari dan telunjuk menempel di bagian handle raket atau pegangan.
Backhand Grip: memegang raket dalam posisi miring dengan posisi ibu jari di area belakang pegangan dan jari-jari tangan pada bagian depan.
Combination Grip: memegang raket dalam posisi miring, meletakkan jari telunjuk di bagian depan searah ujung raker dan ibu jadi di pegangan raket sisi belakang.

b. Teknik Footwork
Teknik footwork disebut juga dengan gerakan kaki, dimana posisi gerakan kaki ke arah depan, samping, atau belakang untuk meningkatkan kelincahan pemain. Tujuan teknik footwork adalah menjangkau kock di area manapun dengan sigap saat lawan menyerang.

c. Teknik Memukul
Teknik memukul disebut juga dengan teknik servis, yaitu memukul kock di area lapangan. Berikut macam-macam teknik memukul yang dapat dilatih:

Servis Forehand: mengayunkan raket dari bawah bersamaan dilepasnya kock dari tangan.
Servis Backhand: teknik yang sering diterapkan oleh pemain ganda ketika arah dan jatuhnya kock secara sengaja ditempatkan di area paling dekat dengan garis serang lawan.
Teknik Overhead: teknik pukulan saat kock lewat di atas kepala. Pukulan ini perlu dikuasai untuk mematikan langkah lawan.
Teknik Underhand: teknik pukulan dari bawah dimana kaki kanan posisinya di depan kaki kiri supaya kock dapat dijangkau.
Peraturan Pemain Bulutangkis
Berikut adalah aturan dalam permainan bulutangkis:

  1. Peraturan Servis Bulu Tangkis
    Apabila kock jatuh di luar area pertandingan maka dinyatakan keluar dan poin untuk penerima servis.
  2. Garis Lapangan untuk Area Permainan dan Servis Bulutangkis
    Setiap garis di lapangan bulutangkis memiliki fungsinya masing-masing, misalnya garis samping memiliki dua garis yaitu luar dan dalam, begitu juga dengan garis belakang. Garis samping dalam dan belakang luar dipakai untuk permainan tunggal dan garis samping luar dan belakang untuk permainan ganda.
  3. Jenis Pertandingan
    Jenis pertandingan bulutangkis ada dua, yaitu pertandingan ganda dan pertandingan tunggal.
  4. Kesalahan
    Kesalahan yang dilakukan pemain saat di sisi dalam lapangan akan menggagalkan servis yang dilakukannya. Apabila kesalahan dilakukan oleh pemain yang ada di sisi luar, maka satu angka diperoleh pihak yang ada di sisi dalam.
  5. Kontinuitas Permainan
    Pada pertandingan bulutangkis internasional harus diizinkan waktu untuk istirahat tidak boleh lebih dari lima menit saat pertandingan kedua dan ketiga. Sedangkan daerah yang cuacanya menyebabkan istirahat, diperlukan waktu lima menit saat pertandingan kedua dan ketiga, naik untuk permainan tunggal atau ganda.
  6. Partai/Bentuk Permainan Bulutangkis
    Bentuk permainan bulutangkis terdiri dari partai tunggal putra, partai tunggal putri, partai ganda putra, partai ganda putri, dan partai ganda campuran.
  7. Sistem Penilaian atau Perhitungan Poin
    Poin tertinggi dalam pertandingan adalah 21 poin kecuali terjadi adanya pelanggaran dan pemain dapat dikatakan menang jika pemain tunggal atau ganda dapat memenangkan dua set pertandingan secara langsung.

Artikel Terkait

WiryaOne adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta edukasi, kreatifitas dalam dunia internet.

Tinggalkan komentar