Ciri-ciri Perubahan Fisika dan Kimia

Ciri-ciri Perubahan Fisika dan Kimia, Benda yang ada di sekitar kita senantiasa mengalami perubahan. Baik perubahan yang bisa langsung dapat diamati atau perubahan yang terjadi perlahan dalam waktu yang relatif lama.

Ada dua macam perubahan yang terjadi, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan ini terjadi berdasarkan sifat fisik suatu materi. Sifat fisika dan kimia Sifat fisik suatu materi terbagi dua yaitu sifat fisika dan sifat kimia.

Sifat fisika suatu zat adalah sifat yang berhubungan dengan sifat fisik zat tersebut. Sedangkan, sifat kimia suatu zat adalah sifat yang berkaitan dengan tingkat kesulitannya untuk berreaksi secara kimia.

Sifat fisika dan kimia suatu zat antara lain: Sifat fisika Sifat kimia Warna Bau Kekerasan Titik didih Titik beku Titik leleh Daya hantar Ukuran partikel Massa jenis Mudah membusuk Mudah terbakar Mudah meledak Mudah berkarat Beracun Perubahan fisika Perubahan Fisika adalah perubahan yang terjadi pada suatu zat, namun tidak menyebabkan terbentuk zat baru dan bersifat reversible.

Perubahan wujud yang terjadi pada suatu zat seperti menguap, mencair, meleleh, membeku, menyublim, melebur dan mendidih merupakan perubahan fisika.

Contoh perubahan fisika, yaitu es mencair, air menguap, uap air mengembun, lilin meleleh, gula larut dalam air, garam yang larut dalam air dan masih banyak yang lainnya. Perubahan kimia merupakan perubahan zat yang menyebabkan terjadinya zat baru yang memiliki sifat berbeda dari zat penyusun atau zat asalnya dan bersifat irreversible.

Zat baru yang terbentuk ini terjadi karena adanya perubahan komposisi materi, karena penggabungan atau penguraian zat. Beberapa contoh perubahan kimia, yakni: Kayu yang dibakar. Kayu mengandung selulosa, jika kayu dibakar maka akan menjadi arang yang merupakan karbon.

Besi yang berkarat. Sebelum berkarat besi merupakan unsur Fe, namun setelah bereaksi dengan oksigen dan air besi akan berubah menjadi Fe2O3.nH2O yang berwarna coklat kemerahan. Berbagai proses yang terjadi dalam tubuh kit a seperti Proses pencernaan, pernafasan, ekskresi ataupun proses reproduksi.

Fermentasi yang menyebabkan singkong menjadi tape Buah yang mentah menjadi masak Nasi yang basi Sampah yang membusuk Susu menjadi masam Kendaraan yang berjalan karena adanya bahan bakar Petasan yang meledak.

Ciri perubahan kimia adalah terbentuknya zat baru, gas dan endapan, serta terjadi perubahan pada warna dan suhu serta bersifat irreversible atau tidak dapat dikembalikan. Contoh reaksi yang menyebabkan terbentuknya gas Magnesium + Asam klorida → Magnesium klorida + gas hidrogen Mg + HCl → MgCl2 + H2 Gas yang terbentuk pada reaksi antara Magnesium dan Asam klorida ditandai dengan terbentuknya gelembung-gelembung yang merupakan gas hidrogen.

Contoh reaksi pembentukan endapan Reaksi ini dikenal dengan reaksi pengendapan yang menyebabkan terbentuknya zat padat.

Contohnya: Barium Klorida + Natrium sulfat → endapan putih Barium sulfat + Natrium klorida BaCl2 + Na2SO4 → BaSO4 + 2 NaCl Perubahan warna Salah satu ciri perubahan kimia adalah terjadinya perubahan warna.

Perubahan warna ini bisa disebabkan oleh perubahan komposisi atau terbentuknya zat baru yang kemungkinan memiliki warna berbeda. Contoh reaksi yang menyebankan terjadinya perubahan warna adalah reaksi antara tembaga sulfat yang berwarna putih dengan air.

Apabila tembaga sulfat ditambah air maka warnanya akan berubaha menjadi biru. Hal ini disebabkan karena terbentuk senyawa baru .

Dengan reaksi : + → Baca juga: Definisi Usaha dan Daya dalam Fisika Perubahan suhu Perubahan kimia yang terjadi terkadang disertai perubahan suhu. Perubahan tersebut bisa menyebabkan suhu naik atau juga bisa menyebabkan suhu menurun.

Contoh ketika kembang api dibakar, maka akan terjadi perubahan suhu dan menghasilkan cahaya. Bahan bakar yang dikandung kembang api akan pecah saat terjadi oksidasi dan melepaskan sejumlah energi yang sebagiannya adalah energi panas.

Manfaat perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan Perubahan fisika maupun perubahan kimia sama-sama memiliki manfaat dalam kehidupan.

Seperti : Manfaat perubahan fisika Membuat es batu untuk mendinginkan minuman Menjemur pakaian agar kering Membuat perabotan dari kayu Merebus air Memotong sesuatu.

Manfaat perubahan kimia Memasak makanan dengan kayu atau bahan bakar Membuat donat Membuat tape Menghidupkan korek api.

Berbagai proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup Terdapat banyak sekali manfaat perubahan fisika dan perubahan kimia lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Dan tugas kita untuk mengamati setiap fenomena yang terjadi di Bumi.

Referensi: Kompas-Perubahan Fisika dan Kimia

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar