Contoh Sikap Patriotisme

Contoh Sikap Patriotisme, Adalah sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara merupakan pengertian dari semangat patriotisme. Kata patriotisme berasal dari kata patriot dan isme yang artinya sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan (Indonesia).

Contoh Sikap Patriotisme
Contoh Sikap Patriotisme

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, patriotisme adalah sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya.

Patriotisme lebih berbicara akan cinta dan loyalitas. Patriotisme sebagai sebuah keterikatan seseorang pada kelompoknya (bangsa, suku, partai politik, dan lain-lain).

Keterikatan ini meliputi kerelaan seseorang dalam mengidentifikasi dirinya pada suatu kelompok sosial untuk selanjutnya menjadi loyal.

Ciri-ciri Patriotisme

Perjuangan pahlawan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia menjadi bentuk semangat patriotisme. Mereka berjuang dengan didorong kecintaan terhadap kemerdekaan tanah air, bangsa, dan negara Indonesia.

Berikut ciri-ciri patriotisme, yaitu: Memiliki identitas diri sehingga dapat menerima, melihat dan mengembangkan watak serta kepribadian bangsa. Mampu membuat seseorang melihat kekuatan dan kelemahan negara dan bangsanya.

Patriotisme bersifat terbuka sehingga dapat melihat bangsa dalam konteks dunia dan bersedia belajar dari bangsa lain untuk kemajuan bangsa.

Dapat menciptakan rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama sehingga mampu mencapai kesejahteraan bangsa. Rasa cinta tanah air tertanam dalam diri. Artinya nilai budaya bangsa menjadi modal penting bagi perjuangan mencapai cita-cita bangsa.

Contoh Sikap Patriotisme

Beberapa sikap patriotisme yang bisa diterapkan di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat, yaitu: Hidup rukun dengan anggota keluarga di rumah, teman sebaya baik di lingkungan tempat tinggal maupun rumah, serta tetangga dan anggota masyarakat lainnya.

Membaca buku atau menonton film mengenai perjuangan pahlawan Indonesia. Mengibarkan bendera merah putih di depan rumah pada hari-hari besar Mengamalkan sikap kesetiakawanan nasional di lingkungan sekitar.

Bangga menggunakan barang-barang buatan dalam negeri, mulai dari peralatan rumah tangga, peralatan sekolah, peralatan kantor, dan sebagainya Menghayati dan memahami makna lagu-lagu perjuangan.

Mengaitkan setiap materi pembelajaran dengan nilai-nilai kepahlawanan. Mengikuti upacara bendera di sekolah, terutama pada hari-hari besar nasional. Bangga menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sehari-hari Turut membantu korban bencana alam di Indonesia.

Membantu melestarikan budaya daerah dengan menggunakan bahasa daerah, pakaian adat, lagu daerah, dan makanan tradisional. Mengharumkan bangsa dan karya dengan karya serta prestasi baik nasional maupun internasional.

Sumber: Kompas-Pengertian Semangat Patriotisme

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar