Contoh Soal Persamaan Kuadrat

82 / 100

Contoh Soal Persamaan Kuadrat

Contoh soal persamaan kuadrat -Saat anda berada di rumah, penting untuk menggunakan waktu anda dengan bijak. Daripada melakukan hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat, seperti menonton sepak bola, mari kita fokus pada aktivitas yang lebih penting. Pernahkah anda memperhatikan bagaimana pemain menendang bola dengan cara tertentu hingga terbang dalam jalur melengkung? Ini disebut lintasan parabola.

Bagi seorang ilmuwan, jalur yang ditempuh bola saat ditendang dan terbang di udara bukan sekadar jalur biasa. Mereka dapat belajar banyak hal dari bentuk jalurnya, seperti cara jalur tersebut ditendang dan seberapa cepat jalur tersebut melaju pada titik tertingginya.

Kita dapat mencari semua bilangan ini menggunakan sesuatu yang disebut fungsi kuadrat. Ini seperti persamaan matematika khusus. Apakah anda ingin melihat seperti apa persamaan kuadrat?

Pengertian Persamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat adalah jenis soal matematika khusus yang bilangan tertingginya adalah 2. Bentuknya seperti ini: ax^2 + bx + c = 0.

Keterangan:

a, b  = koefisien (a ā‰  0);

x = variabel; dan

c = konstanta.

Jenis Persamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat ibarat teka-teki yang dapat dibagi menjadi empat jeni, yakni sebagai berikut :

Persamaan Kuadrat Konvensional

Persamaan kuadrat normal adalah persamaan kuadrat yang nilai a = 1. Berikut contohnya : x2 + 3x + 2 = 0

Persamaan Kuadrat Murni

Persamaan kuadrat murni adalah soal matematika yang melibatkan pencarian nilai suatu huruf dalam persamaan yang bentuknya khusus. Persamaannya memiliki huruf yang dipangkatkan 2, dan tujuannya adalah untuk mengetahui angka apa yang diwakili oleh huruf tersebut. Seperti persamaan kuadrat yang nilai b = 0. Berikut ini contohnya.

x2 + 2 = 0

Contoh Soal Persamaan Kuadrat, Persamaan Kuadrat Tak Lengkap

Persamaan kuadrat tidak lengkap adalah salah satu jenis soal matematika yang khusus. Ini seperti teka-teki di mana kita memiliki bilangan khusus, yang disebut ā€œcā€, yang sama dengan nol. Ini berarti kita tidak perlu khawatir tentang penambahan atau pengurangan apa pun di akhir. Ini seperti memiliki potongan puzzle yang tidak perlu ditambahkan ke sisa puzzle. Persamaan kuadratnya seperti c = 0. Berikut ini contohnya : x2 + 3x = 0

Persamaan Kuadrat Rasional

Persamaan kuadrat rasional adalah soal matematika yang menggabungkan angka dan huruf. Itu seperti teka-teki yang perlu kita pecahkan dengan menemukan angka yang hilang. Berikut contohnya : 4×2 + 3x + 2 = 0

Cara Mencari Jawaban Akar Persamaan Kuadrat

Akar persamaan kuadrat ibarat jawaban terhadap suatu soal matematika khusus. Untuk menemukan akarnya, anda dapat menggunakan berbagai metode.

Faktorisasi

Faktorisasi adalah ketika anda mengambil angka atau huruf dan menggabungkannya dengan cara khusus untuk membuat soal perkalian. Saat anda memfaktorkan suatu jenis soal matematika khusus yang disebut persamaan kuadrat, itu berarti anda mengalikan dua soal matematika sederhana yang disebut persamaan linier.

ax2 + bx + c = 0

Dimana b adalah hasil penjumlahan dari suku pertama dan kedua, dan c adalah hasil perkalian dari suku pertama dan kedua. Perhatikan contoh berikut:

Dalam bentuk persamaan kuadrat, x2 + 5x + 6 = 0 dan dalam bentuk faktorisasi, (x + 3) (x + 2) = 0.

Karena akar, x = -3 atau x = -2.

Dalam persamaan kuadrat, x2 – 9 = 0. Dalam bentuk faktorisasi, (x ā€“ 3)(x + 3) = 0. Akarnya  x = 3 atau x = -3.

Demikianlah sedikit pembahasan artikel tentang contoh soal persamaan kuadrat, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Artikel Terkait

WiryaOne adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta edukasi, kreatifitas dalam dunia internet.

Tinggalkan komentar