7 Ekstrakurikuler SD Yang Cocok Untuk Diterapkan Pada Siswa

Ekstrakurikuler SD memiliki berbagai macam jenis kegiatan, baik itu di luar kelas maupun di dalam kelas. Ekstrakurikuler sendiri merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh siswa di luar jam mata pelajaran. Biasanya, para siswa akan melakukannya saat sore hari atau hari libur. Adanya ekstrakurikuler sendiri bertujuan untuk mengasah minat dan bakat siswa.

Ekstrakurikuler SD

Sesuai dengan isi pada Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 mengenai Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa ekstrakurikuler merupakan sebuah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar pelajaran kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Pada anak SD (Sekolah Dasar) kegiatan ekstrakurikuler ini sangat diperlukan. Pasalnya, siswa SD masih berumur 7-13 tahun, yang mana pada periode tersebut merupakan masa pertumbuhan yang akan sangat berpengaruh ketika kelak dewasa.

Nah, bagi Anda para guru yang sedang mencari beberapa ekstrakurikuler SD yang bagus untuk diterapkan, Anda tidak perlu bingung lagi. Karena lewat artikel ini, kami akan memberikan 7 rekomendasi ekstrakurikuler yang bermanfaat bagi siswa Sekolah Dasar.

7 Ekstrakurikuler SD yang Bermanfaat untuk Siswa

1. Musik

Musik merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk dipelajari oleh para siswa. Para siswa bisa belajar berbagai banyak alat musik, seperti gitar, piano, biola, dan masih banyak lagi. Bahkan, jika memiliki suara yang bagus, sangat disarankan untuk dilatih sejak dini sebagai penyanyi.

Dalam bermusik, para siswa dapat berkreasi mengembangkan kreativitas mereka. Menciptakan nada dan membuat lagu adalah beberapa hal positif yang didapatkan dari kegiatan ekstrakurikuler musik ini.

2. Olahraga

Jika sebagian siswa Anda sangat aktif dalam melakukan berbagai hal di luar ruangan, kami sarankan untuk mencoba ekstrakurikuler olahraga. Ada berbagai jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan sebagai kegiatan siwa, seperti sepak bola, voli, lari, dan lain-lain.

Olahraga bisa menjadi sarana yang sangat tepat untuk mengembangkan bakat siswa yang memiliki talenta di dunia olahraga. Selain itu, olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan bagi tubuh.

3. Melukis

Ekstrakurikuler SD berikutnya yang wajib Anda coba adalah melukis. Ya, melukis merupakan kegiatan yang akan membantu mengasah daya kreativitas para siswa. Mereka akan menjadi seniman kecil untuk menggambar berbagai hal yang ada di dalam imajinasinya.

Dalam melukis, otak siswa akan sangat berkembang lantaran dilatih untuk berkreasi. Hal tersebut sangat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah.

4. Bela Diri

Mengajarkan bela diri bukan berarti mengajarkan kekerasan kepada siwa. Bela diri lebih kepada mengajarkan para siswa untuk dapat disiplin dan mengontrol kemampuan yang ia punya. Berbagai jenis aliran bela diri seperti judo, taekwondo, karakter, hingga silat bisa Anda aplikasikan sebagai ekstrakurikuler.

Selain bermanfaat untuk melatih disiplin dan mengontrol siswa, bela diri juga mengajarkan siswa untuk berani dan tidak takut untuk menghadapi segala hal. Untuk mengadakan program kegiatan ekstrakurikuler di sd ini, pihak sekolah wajib mendatangkan pelatih profesional beserta perlengkapan latihan seperti matras dan body protector.

5. Menari

Ada banyak jenis tarian, mulai dari balet, tradisional, modern, dan masih banyak lagi. Ekstrakurikuler menarik sangat cocok bagi siswa perempuan, karena memang kebanyakan penari adalah perempuan khususnya untuk penari tradisional. Meskipun begitu,laki-laki juga bisa ikut kelas ekstrakurikuler menari.

Dengan menari, para siswa akan belajar dua hal, yaitu kedisiplinan yang tinggi dan memaksimalkan daya ingat. Kedua hal tersebut sangat diperlukan untuk menjadi seorang penari.

6. Memasak

Apakah ada siswa Anda yang suka dengan kegiatan memasak? Jika iya, Anda wajib menggelar ekstrakurikuler memasak di sekolah Anda. Memasak adalah kegiatan yang akan mengasah kreativitas siswa. Karena dalam memasak, dibutuhkan fokus dan pemikiran kreatif untuk membuat masakan yang enak baik itu secara rasa dan tampilan.

Tidak hanya itu saja, banyak pelajaran yang akan diperoleh siswa khususnya masalah dapur. Semisal seperti cara menggunakan pisau, cara menghidupkan kompor, dan masih banyak lagi manfaat kegiatan memasak ini.

7. Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan adalah salah satu contoh program ekstrakurikuler SD yang wajib Anda coba sebagai guru. Membuat kerajinan tangan memiliki banyak manfaat positif kepada siswa. Salah satunya adalah mengembangkan keterampilan sensorik dan motorik dengan menciptakan karya-karya yang kreatif.

Umumnya kerajinan tangan ini berupa kerajinan dari tanah liat. Seperti membuat patung, benda-benda perabotan rumah tangga, dan berbagai barang berguna dan bernilai tinggi lainnya. Manfaat lain dari ekstrakurikuler ini adalah mengajarkan kepada siswa apa artinya kesabaran, khususnya dalam membuat karya.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan kegiatan ekstrakurikuler SD yang bisa Anda terapkan untuk siswa. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang cocok.

Artikel Terkait

Sorry, no posts were found.

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar