7 Jurusan Kuliah Paling Menjanjikan Untuk Masa Depan

Jurusan Kuliah Paling Menjanjikan

Jurusan kuliah paling menjanjikan adalah hal yang banyak orang inginkan. Memilih jurusan saat akan masuk ke universitas adalah hal yang wajib di lakukan terlebih dahulu, karena jika salah pilih jurusan akan membuat hati dan diri menjadi tak karuan, tetapi beda cerita jika kamu memang ingin mencoba hal baru yang kamu inginkan.

Tetapi kebanyakan dari orang-orang yang masuk ke dunia perkuliahan atau universitas ini melanjutkan jurusan yang berkaitan dengan apa yang mereka pelajari di bangku sekolah menegah ke atas. Tapi ada juga beberapa orang yang malah memilih berbeda karena memikirkan masa depan.

Tak heran jika kamu memikirkan tentang pekerjaan apa yang cocok untuk pilihan jurusanmu di universitas. Bagi saya, tak harus dari jurusan tertentu untuk bisa bekerja di pekerjaan yang menjanjikan, karena ada saja seseorang yang lulus di bidang kedokteran yang berujung menjadi jurnalis.

Itu semua tergantung dari relasi dan keinginanmu sendiri. Agar kamu tidak bimbang lagi, Lentera EDU disini akan memberikan informasi menarik dalam memilih jurusan dan pekerjaan yang menjanjikan disaat sudah lulus kuliah dan ini juga bisa jadi refrensimu untuk masuk ke universitas ternama / swasta.

Jurusan Kuliah Paling Menjanjikan Untuk Masa Depan

Sebelum memilih, saya sarankan kamu menyukai hal ini atau memiliki basik sendiri, jika kamu memilih karena alasan keterpaksaan atau karena tergiur dengan gajih di bidangnya, kamu salah besar. Berikut pilihan jurusan kuliah paling menjanjikan di masa depan:

1. Teknik

Teknik menjadi bidang paling populer di seluruh dunia, karena dibidang ini paling di butuhkan untuk para perusahaan. Tetapi, jurusan teknik sendiri memiliki banyak cabang, bukan hanya di mesin tapi juga ada teknik elektro dan teknik sipil.

Dari ketiga itu memiliki prospek yang berbeda baik dari engineer mesin, teknik elektro dan teknik sipil. Yang paling populer di bidang teknik antara lain:

  1. Teknik Elektro: Memiliki prospek karir yang berhubungan dengan kelistrikan, peluang pekerjaannya juga tak jauh dari sistem kelistrikan. Teknik elektro memiliki jenjang karir yang paling dibutuhkan disetiap perusahaan, baik dari sistem listrik, pembangunan listrik, maintance kelistrikan dan sebagainya.
  2. Teknik Mesin: Memiliki prospek karir yang berhubungan dengan mesin, umumnya teknik mesin menjadi seorang engineering, baik itu memperbaiki mesin kecil, besar, genset, otomotif dan masih banyak lagi.
  3. Teknik Sipil: Prospek kerja teknik sipil akan berhubungan dengan pembangunan jalan, kontraktor, arsitektur, perencana, manajer kontruksi, supervisor dan surveyor.
    Untuk masuk kebidang teknik sipil, kamu harus menguasai banyak hal, baik itu: Biologi, Matematika, Komputer, Geologi dan ilmu lingkungan.

2. Ilmu Komputer

Secara umum, yang kuliah dibidang ilmu komputer memang minim. Pada umumnya bidang ini didominasi oleh kalangan pria, karena wanita kebanyakan memilih jurusan perawat. Berbeda dengan teknik informatika, ilmu komputer paling banyak bergerak di pengembangan suatu aplikasi, algoritma dan sistem perangkat lunak.

Tetapi satu hal yang belum kamu ketahui, jika kamu menguasi ilmu komputer, peluang kerjanya sangatlah luas. Permintaan ilmu komputer di setiap perusahaan paling banyak dicari, apalagi di era yang serba teknologi ini.

Ada beberapa karir yang menjanjikan untuk jurusan komputer antara lain:

  1. Multimedia: Prospek karir yang berhubungan dengan internet, pengembang web, start up, sistem informasi, graphic designer, spesialis sosial media dan masih banyak lagi.
    Gaji yang bisa didapatkan dari karir diatas bisa mencapai hingga 4 – puluhan juta rupiah. Ada hitungan perprojek dan hitungan borongan serta bulanan.
  2. Data Science: Karir yang banyak berhubungan dengan dunia perdataan seperti pengembangan bisnis, menganalisa data untuk menghasilkan informasi dalam setiap mengambil keputusan dan memastikan terstruktur maupun tidak terstruktur.

3. Bisnis

Pada umumnya semua orang ingin memiliki bisnis dan usaha sendiri, tetapi banyak dari mereka tidak tahu cara untuk memulainya. Jika kamu bercita-cita untuk menjadi pembisnis, kamu bisa memilih jurusan ini.

Dengan memilih jurusan bisnis di universitas, kamu akan belajar dengan lebih disiplin, teratur dan terarah. Adapun jurusan bisnis di universitas yang saya rekomendasikan dan bisa dijadikan refrensi kamu antara lain:

  1. Administrasi Bisnis: Lulusannya akan memiliki prospek karir menjadi seorang Staf HRD, bisnis analis, konsultan, marketing ataupun bisa mengembangkan usaha sendiri dengan keilmuan yang sudah dipelajari.
  2. Manajemen Bisnis: Lulusan bisnis manajemen bisa berkarir sebagai manajer bisnis di suatu perusahaan besar maupun kecil. Seorang Manajer Bisnis memainkan peran penting disuatu perusahaan untuk kelangsungan, keuntungan dan kelancaran suatu usaha.

Meski keduanya berebeda, tetapi salah satu pekerjaannya bisa di lakukan bersama, tetapi manajemen bisnis memiliki level yang lebih tinggi, sementara administrasi bisnis bisa memilih D3. Tetapi itu semua tergantung dari ketentuan dan kebutuhan suatu perusahaan masing-masing jika kamu ingin bekerja sama dengan orang lain.

4. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika seperti Ilmu komunikasi memiliki banyak peluang karir yang bisa dimiliki. Karena ilmu komunikasi memiliki bekal dan kemampuan dalam menulis serta berbicara di depan umum. Kemampuan yang dimiliki berbeda dengan orang yang tidak belajar dalam ilmu komunikasi.

Peluang karir yang bisa di ambil dari ilmu komunikasi antara lain:

  1. Juru Bicara
  2. Jurnalis
  3. Penyiar
  4. Presenter
  5. Analis Media
  6. Hubungan Masyarakat: Disingkat sebagai Humas, pekerjaan hubungan masyarakat terdiri dari hubungan investor, manajemen isu, lobi, pemasaran dan lain-lain.

5. Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan dan Farmasi

Jurusan yang menjamin masa depan bagi wanita yaitu menjadi seorang perawat, bidan, farmasi dan dokter. Pada umumnya jurusan ini paling banyak diminati karena karir yang didapatkanpun terbilang luas. Tapi itu semua tergantung juga dari relasi yang kamu punya.

Jika kamu memiliki basik sains, biologi dan dari jurusan IPA, kamu bisa memilih jurusan ini. Adapun jurusan yang bisa kamu pilih antara lain:

  1. Kedokteran: Jika sudah sah menyandang gelar dokter, kamu bisa menjadi dokter di rumah sakit negeri, swasta, puskesma, klinik kesehatan, menjadi bagian proses pengelolaan medis ataupun non-medis.
  2. Keperawatan: Setelah lulus, kamu dapat bekerja di klinik, menjadi perawat dirumah sakit, puskesmas, klinik atau mendirikan layanan Home Care.
  3. Kebidanan: Karir yang akan didapatkan dari lulusan kebidanan antara lain lembaga medis, bidan, instansi kesehatan pemerintah, rumah sakit, klinik dan puskesmas.
  4. Farmasi: Jika sudah lulus di jurusan farmasi, kamu bisa berprofesi menjadi apoteker sekaligus berwirausaha membuka apotik. Dan kamu juga bisa berkerja di perdagangan besar farmasi sebagai distributor.
Jurusan Kuliah Paling Menjanjikan

6. Akuntansi

Jurusan akuntansi tak jauh dari hal yang berhubungan dengan mencatat dan melaporkan data keuangan suatu perusahaan. Sarjana akuntansi yang dibekali dengan ilmu perpajakan, biasanya dibutuhkan banyak perusahaan di indonesia ataupun luar dunia.

Karir lulusan akuntansi bisa menjadi:

  1. Akuntan Publik
  2. Analis Keuangan
  3. Manajer Perpajakan
  4. Auditor Internal

7. Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang paling diminati oleh para kaum pria yaitu teknik informatika, jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang coding, tapi basik cyber security juga dipelajari, selain belajar merancang sistem operasi, kinerja komputer, software dan mengembangkan start up juga memiliki karir yang bagus untuk masa depan.

Karir lulusan teknik informatika bisa menjadi:

  1. Developer
  2. Software Engineer
  3. Pengembang dari software sistem komputer
  4. UX/UI Designer

Karena jurusan ini mampu menguasai banyak bahasa pemprograman, saya rasa peluang berkarirnyapun semakin luas, kamu bisa bekerja sama dengan orang lain dan membuka usaha sampingan dengan membuka jasa.

Nah, dari beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang saya rekomendasikan di atas kamu bisa memilih salah satu, namun saya sarankan, pilihlah dengan apa yang kamu sukai dan basik yang kamu miliki. Karena apapun yang dilakukan dari hati, akan menghasilkan hal yang kamu impikan nanti.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar