Keliling Persegi Panjang

Rumus Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soal

Total penjumlahan dari semua sisi ini adalah di namakan keliling sebuah persegi Panjang, dimana sebuah persegi panjang sendiri dapat didifinisikan sebagai segi empat atau bangun geometri dengan empat sisi. Kedua sisi yang berlawanan bersifat kongruen, artinya memiliki ukuran yang sama, dalam sebuah persegi panjang, Walaupun tidak semua persegi panjang merupakan persegi, semua persegi merupakan persegi panjang, dan bangun gabungan bisa terdiri dari beberapa persegi panjang.

Keliling Persegi Panjang
Keliling Persegi Panjang

Untuk mencari keliling persegi panjang adalah dengan rumus menghitung keliling persegi panjang yaitu dengan dasarnya adalah: K = 2 * (p + l). Jarak total di sekeliling batas luar bangun selalu merupakan keliling persegi panjang. Dimana dalam persamaan ini K adalah “keliling”, p adalah panjang persegi panjang, dan l adalah lebar persegi panjang.

Karena sisi-sisi persegi panjang yang berlawanan memiliki ukuran yang sama, kedua panjangnya memiliki ukuran yang sama dan kedua lebarnya juga memiliki ukuran yang sama. Inilah alasan Anda menuliskan persamaan dalam bentuk perkalian 2 dengan hasil penjumlahan dari panjang dan lebar.

Anda juga dapat menulis persamaan ini sebagai K = p + p + l + l untuk membuatnya lebih jelas.

Panjang dan lebar persegi panjang nilai ini biasanya dituliskan di sebelah bangun persegi panjang. Jika kita menghitung keliling persegi panjang dalam kehidupan nyata, gunakan penggaris, kayu pengukur, atau pita pengukur untuk mencari panjang dan lebar dari area yang ingin Anda ukur. Atau jika Anda mengukur di tempat terbuka atau luar ruangan, ukurlah semua sisinya untuk melihat jika sisi-sisi yang berlawanan benar-benar kongruen.

Sebagai contoh adalah: p = 14 cm, l = 8 cm.

Untuk menjulah Panjang dan lebar adalah kita harus mengetahui panjang dan lebarnya, dan  harus memasukkan nilainya ke dalam bagian p dan l di dalam persamaan keliling. Ketika kita  menyelesaikan persamaan keliling, perhatikan bahwa menurut urutan operasi hitungan, ekspresi matematika yang berada di dalam tanda kurung diselesaikan terlebih dahulu dari ekspresi matematika di luar tanda kurung.

Sebagai contohnya adalah; K = 2 * (p + l) = 2 * (14 + 8) = 2 * (22).

Kalikan hasil penjumlahan panjang dan lebarnya dengan dua. Setelah itu kita melihat rumus keliling persegi panjang, bagian (p + l) dikalikan dengan dua. Setelah ini kita dapatkan keliling persegi panjangnya. Perkalian ini dilakukan karena masih ada dua sisi persegi panjang yang lain. Saat Anda menjumlahkan panjang dan lebarnya, Anda hanya menjumlahkan dua sisi bangunnya.

Karena kedua sisi persegi panjang yang lain memiliki ukuran yang sama dengan kedua sisi yang sudah dijumlahkan, Anda dapat mengalikan hasil penjumlahannya dengan dua untuk mencari total penjumlahan dari keempat sisinya.

Sebagai contohnya adalah: K = 2 * (p + l) = 2 * (14 + 8) = 2 * (22) = 44 cm.

Jumlahkan p + p + l + l. Daripada menjumlahkan kedua sisi persegi panjang Anda dan mengalikannya dengan dua, Anda dapat menjumlahkan langsung keempat sisinya untuk mencari keliling persegi panjangnya.

Jika Kita kurang bisa memahami konsep keliling, ini adalah tempat yang baik untuk memulai.

Sebagai contoh, K = p + p + l + l = 14 + 14 + 8 + 8 = 44 cm.

Meskipun kita sudah mengetahui luas persegi panjang dalam soal ini, kini masih perlu menggunakan rumus luas untuk mencari informasi yang belum diketahui.

Luas dari sebuah persegi panjang adalah pengukuran ruang dua dimensi dalam persegi panjang atau jumlah satuan persegi dalam persegi panjang.

Rumus yang digunakan untuk mencari luas persegi panjang adalah L = p * l.

Rumus yang digunakan untuk mencari keliling persegi panjang adalah K = 2 * (p + l) .

Dalam rumus-rumus di atas, L adalah “luas”, K” adalah “keliling”, p adalah panjang persegi panjang, dan l adalah lebar persegi panjang.

Bagilah total luasnya dengan pengukuran sisi yang kita ketahui. Penghitungan ini akan memungkinkan kita untuk mencari pengukuran dari sisi persegi panjang yang belum diketahui, baik panjang maupun lebarnya. Dengan mencari informasi yang belum diketahui, Anda dapat menghitung kelilingnya.

Karena kita mengalikan panjang dengan lebar untuk mencari luas, membagi pengukuran luas dengan lebar akan memberikan pengukuran panjang. Sebaliknya, membagi luasnya dengan panjang akan memberikan pengukuran lebarnya.

Sebagai contoh adalah: L = 112 cm kuadrat, p = 14 cm

L = p * l

112 = 14 * l

112/14 = l

8 = l

Jumlahkan panjang dan lebarnya. Sekarang, karena Anda sudah memiliki pengukuran panjang dan lebarnya, kita dapat memasukkannya ke dalam rumus keliling persegi panjang.

Berdasarkan urutan operasi hitungan, Anda selalu menghitung bagian persamaan yang berada di dalam tanda kurung terlebih dahulu.

Kalikan hasil penjumlahan dari panjang dan lebarnya dengan dua. Setelah Anda menjumlahkan panjang dan lebar persegi panjang, Anda dapat mencari kelilingnya dengan mengalikannya dengan dua. Perkalian ini dilakukan karena ada dua sisi persegi panjang lainnya.

Anda dapat mencari keliling persegi panjang dengan menjumlahkan panjang dan lebarnya dan mengalikan hasil penjumlahannya dengan dua karena kedua sisi persegi panjang yang berlawanan memiliki ukuran yang sama.

Kedua panjang persegi panjang memiliki ukuran yang sama dan kedua lebar persegi panjang memiliki ukuran yang sama.

Sebagai contoh, K = 2 * (14 + 8) = 2 * (22) = 44 cm.

Tuliskan rumus dasar untuk keliling.[10] Keliling adalah total penjumlahan dari semua sisi luar bangun apa pun, termasuk bangun tidak beraturan dan bangun gabungan.

Persegi panjang biasa memiliki empat sisi. Dua sisinya terdiri dari panjang yang ukurannya sama dan dua sisi lainnya terdiri dari lebar yang ukurannya sama. Dengan demikian, keliling adalah hasil penjumlahan dari keempat sisi itu.

Persegi panjang gabungan memiliki setidaknya enam sisi. Bayangkan bangun berbentuk huruf kapital “L” atau “T”. Bangun ini dapat dibagi menjadi satu persegi panjang di bagian atasnya dan satu persegi panjang di bagian bawahnya. Akan tetapi, keliling dari bangun ini tidak selalu dapat dicari dengan membagi persegi panjang gabungannya menjadi dua persegi panjang. Sebenarnya, keliling adalah: K = s1 + s2 + s3 + s4 + s5 + s6.

Contoh ini menggunakan singkatan P, L, p1, p2, l1, dan l2. Huruf kapital P dan L melambangkan panjang dan lebar total dari bangun. Huruf kecil p dan l melambangkan panjang dan lebar yang lebih kecil.

Dengan demikian, rumus K = s1 + s2 + s3 + s4 + s5 + s6 sama dengan K = P + L + p1+ p2 + l1 + l2.

Variabel seperti “p” atau “l” hanyalah penanda untuk nilai-nilai angka yang belum diketahui.[11]

Contoh: P = 14 cm, L = 10 cm, p1 = 5 cm, p2 = 9 cm, l1 = 4cm, l2 = 6 cm

Perhatikan bahwa hasil penjumlahan dari p1 dan p2 sama dengan P. Demikian pula, hasil penjumlahan dari l1 dan l2 sama dengan L.

Jumlahkan semua sisinya. Dengan memasukkan nilai angka dari sisi-sisinya ke dalam persamaan, Anda akan dapat mencari keliling dari bangun gabungan Anda.

K = P + L + p1 + p2 + l1 + l2 = 14 + 10 + 5 + 9 + 4 + 6 = 48 cm

Kumpulkan informasi yang Anda miliki. Anda masih dapat mencari keliling persegi panjang gabungan selama Anda memiliki setidaknya satu pengukuran panjang total atau lebar total dan setidaknya tiga lebar atau panjang yang lebih kecil (lebar atau panjang bagiannya).

Untuk persegi panjang gabungan yang berbentuk huruf L, gunakan rumus K = P + L + p1 + p1 + l1 + l2

Dalam rumus ini, K adalah “keliling”. Huruf kapital P dan L melambangkan panjang total dan lebar total dari semua bangun gabungannya. Huruf kecil p dan l melambangkan panjang dan lebar bagian pada bangun gabungannya.

Contoh: P = 14 cm, p1 = 5 cm, l1 = 4 cm, p2 = 6 cm, belum diketahui: L, p2

Gunakan pengukuran yang Anda miliki untuk mencari pengukuran sisi yang belum diketahui. Dalam contoh ini, panjang total, P sama dengan hasil penjumlahan dari p1 dan p2. Demikian pula, lebar total, L sama dengan hasil penjumlahan dari l1 dan l2. Menggunakan informasi ini, jumlahkan dan kurangkan pengukuran yang Anda miliki untuk mencari dua pengukuran yang belum diketahui.

Contoh: P = p1 + p2; L = l1 + l2

P = p1 + p2

14 = 5 + p2

14 – 5 = p2

9 = p2

L = l1 + l2

L = 4 + 6

L = 10

Jumlahkan sisi-sisinya. Setelah Anda melakukan pengurangan untuk mencari pengukuran yang belum diketahui, Anda dapat menjumlahkan semua sisi-sisinya untuk mencari keliling persegi panjang gabungannya. Sekarang, Anda akan menggunakan rumus keliling awalnya.

K = P + L + p1 + p2 + l1 + l2 = 14 + 10 + 5 + 9 + 4 + 6 = 48 cm

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar