KKTP Dalam Kurikulum Merdeka
Seiring dengan diberlakukannya Permendikbudristek Nomor 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Pada pasal Pasal 9 Ayat (8) dinyatakan bahwa penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Sekolah tidak lagi menggunakan Kriteria Ketercapaian Minimal (KKM) walaupun sekolah tersebut sudah menggunakan Kurikulum Merdeka ataupun Kurikulum 2013.
A. Pengertian Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
1. Merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran
2. lndikator ketercapaian tujuan pembelajaranUntuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran
3. Dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen,yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran.
4. Salah satu pertimbangan dalam memilih/membuat instrumen asesmen
7) Penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian hasilbelajar Peserta Didik sebagaidasar penentuan:
a. kenaikan kelas
b. kelulusan dari Saluan Pendidikan.
8) Penilaian pencapaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kriteria keterca1::1ai an tujuan 1::1embelajaran
DOWNLOAD DIShttps://drive.google.com/drive/my-driveINI
B. Empat Cara Menentukan KKTP
1. KKTP Dengan Menggunakan Deskripsi Kriteria
Deskripsi Kriteria adalah kriteria yang terdiri dari beberapa komponen pertimbangan ketercapaian tujuan, kemudian menentukan ketercapaian tujuan tersebut dengan melihat apakah komponen tersebut sudah memadai atau belum memadai Guru Menetapkan KKTP dengan cara menetapkan banyaknya kriteria yang sudah dicapai peserta didik. Misal 4 Kriteria maka siswa mencapai tujuan/tuntas jika 3 minimal kriteria memadai
Di Harapkan Peserta Didik Mampu Menulis Laporan Hasil Pengamatan Dan Wawancara
No | Kriteria I Komponen | Tidak memadai | Memadai |
1. | Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut | v | |
2. | Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelas | v | |
3. | Laporan menceritakan pengalaman secara jelas | v | |
4. | Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca | v |
Contoh Hasil Pengamatan Dan Wawancara
2. KKTP Dengan Menggunakan Rubrlk
Dimana Guru menyusun rubrik pertorma yang dapat memperlihatkan bukti kinerja. Sebutan kualifikasi misal:
– Mu/ai Berkerbang, Layak, Cakap dan Mahir.
Perlu lntervensi, Kurang, Baik dan Sangat Baik Atau sebutan kualifikasi lain, misalnya:
Dalam tugas menulislaporan. pendidik menetapkan kriteria ketuntasan yang terdiri atas dua bagian:lsi laporan dan penulisan. Dalam rubrik terdapat empat tahap pencapaian, daribaru berkembang, layak, cakap hingga mahir. Dalam setiap tahapan ada deskripsi yang menjelaskan performa pserta didik.
ln eNal | Kriteria | ln eNensi |
0 – 40 % | Belum mencapai tujuan | Remedial Di Seluruh Baqian |
41- 65 % | Belum Mencapai Tujuan | Remidial di bagian tertentu /dibutuhkan |
66 – 85 % | Sudah MencapaiTujuan | lidak perlu remidial |
86 – 100 % | Sudah Mencapai Tujuan | Perlu pengayaan atau tantangan yang lebih kompleks |
Nilai Hasil Tes Tertulis
Jadi KKTP : 66 – 85 %
3. KKTP Menggunakan Interval Nilai Diolah Dari Rubrik
Pendidik dapat menggunakan in eNalnilaiyang diolah dari rubrik, seperti dalam Tugas menulis laporan, pendidik dapat menetapkan empat kriteria ketuntasan:
Eviden
Belum Berkembana
Mulai Berkembang
Mampu menuis teks eksplanasi, hasil pengamatan,da n pengalaman secara jelas.
Laporan menunjukkan hubungan yang jelas di
sebagian paragraf.
Berkembang sesuai Harapan
Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas.
Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca sangat berkembang
lsi laporan
Belum mampu menulis teks eksplanasi,hasil pengamatan,dan pongalaman belum jelas tertuang dalam tullsan. Ide dan informasi dalam laporan tercampur dan hubungan antara paragraf tidak erhubungan.
Mampu menulis teks eksplanasi,has11 pengamatan,dan pengalaman secara jelas, laporan menjelaskan hubungan kausalias yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca serta ada fakta-fakta pendukung yang relevan.
Penulisan (tanda baca dan huruf kapital), Belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital atau sebagian besar tidak digunakan secara tepat, Sebagian tanda baca dan huruf kapital digunaka n secara tepat, Sebagian besar tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat dan Semua tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat.
No | Kriteria I Komponen | Belum Muncul | Muncul Sebagian Kecil | Sudah Muncul Di Sebagian Besar | Terihat Pada Keseluruhan Teks |
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasidengan runtut | v | |||
2. | Laporan menunjukkan hasil pengamatan yangjelas | v | |||
3. | Laporan menceritakan pengalaman secara jelas | v | |||
4 . | Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertaidengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca | v |
lsi Laporan
Demikianlah cara menentukan KKTP dalam kurikulum merdeka lengkapnya dapat dipelajari di buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Tahun 2022