KKTP Dalam Kurikulum Merdeka

KKTP Dalam Kurikulum Merdeka

Seiring dengan diberlakukannya Permendikbudristek Nomor 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Pada pasal Pasal 9 Ayat (8) dinyatakan bahwa penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Sekolah tidak lagi menggunakan Kriteria Ketercapaian Minimal (KKM) walaupun sekolah tersebut sudah menggunakan Kurikulum Merdeka ataupun Kurikulum 2013.

KKTP Dalam Kurikulum Merdeka

A.        Pengertian Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

1.         Merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran

2.         lndikator ketercapaian tujuan pembelajaranUntuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran

3.         Dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen,yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran.

4.         Salah satu pertimbangan dalam memilih/membuat instrumen asesmen

7)         Penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian hasilbelajar Peserta Didik sebagaidasar penentuan:

a.         kenaikan kelas

b.         kelulusan dari Saluan Pendidikan.

8)         Penilaian pencapaian hasil belajar Peserta Didik  dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kriteria keterca1::1ai an tujuan 1::1embelajaran

DOWNLOAD DIShttps://drive.google.com/drive/my-driveINI

KKTP Dalam Kurikulum Merdeka

B.        Empat Cara Menentukan KKTP

1.         KKTP Dengan Menggunakan Deskripsi Kriteria

Deskripsi Kriteria adalah  kriteria yang terdiri dari beberapa komponen  pertimbangan ketercapaian tujuan, kemudian menentukan ketercapaian tujuan tersebut dengan melihat apakah komponen tersebut sudah memadai atau belum memadai Guru Menetapkan KKTP dengan cara menetapkan banyaknya kriteria yang sudah dicapai peserta didik. Misal 4 Kriteria maka siswa mencapai tujuan/tuntas jika 3 minimal kriteria memadai

Di Harapkan Peserta Didik Mampu Menulis Laporan Hasil Pengamatan Dan Wawancara

  No  Kriteria Komponen  Tidak memadai  Memadai
  1.  Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut v
2.  Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelasv 
  3.  Laporan menceritakan pengalaman secara jelasv 
4.  Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca v

Contoh Hasil Pengamatan Dan Wawancara

2. KKTP Dengan Menggunakan Rubrlk

Dimana Guru menyusun rubrik pertorma yang dapat memperlihatkan bukti kinerja. Sebutan kualifikasi misal:

–           Mu/ai Berkerbang, Layak, Cakap dan Mahir.

Perlu lntervensi, Kurang, Baik dan Sangat Baik Atau sebutan kualifikasi  lain, misalnya:

Dalam tugas menulislaporan. pendidik menetapkan kriteria ketuntasan yang terdiri atas dua bagian:lsi laporan dan penulisan. Dalam rubrik terdapat empat tahap pencapaian, daribaru berkembang, layak, cakap hingga mahir. Dalam setiap tahapan ada deskripsi yang menjelaskan performa pserta didik.

  ln eNal  Kriteria  ln eNensi
  0 – 40 %  Belum mencapai tujuan  Remedial Di Seluruh Baqian
  41- 65 %  Belum Mencapai Tujuan  Remidial di bagian tertentu /dibutuhkan
  66 – 85 %  Sudah MencapaiTujuan  lidak perlu remidial
  86 – 100 %  Sudah Mencapai Tujuan  Perlu pengayaan atau tantangan yang lebih kompleks

Nilai Hasil Tes Tertulis

Jadi KKTP : 66 – 85 %

3.         KKTP Menggunakan Interval Nilai Diolah Dari Rubrik

Pendidik dapat menggunakan in eNalnilaiyang diolah dari rubrik, seperti dalam Tugas menulis laporan, pendidik dapat menetapkan empat kriteria ketuntasan:

Eviden

Belum Berkembana   

Mulai Berkembang

Mampu menuis teks eksplanasi, hasil pengamatan,da n pengalaman secara jelas.

Laporan menunjukkan hubungan yang jelas di

sebagian paragraf.      

Berkembang sesuai Harapan

Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan,dan pengalaman secara jelas.

Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca sangat berkembang

lsi laporan       

Belum mampu menulis teks eksplanasi,hasil pengamatan,dan pongalaman belum jelas tertuang dalam tullsan.  Ide dan informasi dalam laporan tercampur dan hubungan antara paragraf tidak erhubungan.                                              

Mampu menulis teks eksplanasi,has11 pengamatan,dan pengalaman secara jelas, laporan menjelaskan hubungan kausalias yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca serta ada fakta-fakta pendukung yang relevan.

Penulisan (tanda baca dan huruf kapital), Belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital atau sebagian besar tidak  digunakan secara tepat, Sebagian tanda baca dan huruf kapital digunaka n secara tepat, Sebagian besar tanda baca dan huruf  kapital digunakan secara tepat dan Semua tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat.

  No  Kriteria Komponen  Belum Muncul  Muncul Sebagian Kecil  Sudah Muncul Di Sebagian Besar  Terihat Pada Keseluruhan Teks
  1  2  3  4
  1.  Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasidengan runtut v  
  2.  Laporan menunjukkan hasil pengamatan yangjelas  v 
  3.  Laporan menceritakan pengalaman secara jelas   v
  4 .  Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertaidengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca  v 

lsi Laporan   

Demikianlah cara menentukan KKTP dalam kurikulum merdeka lengkapnya dapat dipelajari di buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Tahun 2022

DOWNLOAD KKTP KURIKULUM MERDEKA

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar