Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Permainan sepak bola membutuhkan lapangan khusus yang memiliki aturan, salah satunya dalam hal ukuran. Peraturan mengenai ukuran lapangan ini ditetapkan oleh FIFA sebagai induk permainan sepak bola internasional. Berikut ini ulasan mengenai gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Lapangan Sepak Bola

Berdasarkan aturan FIFA, terdapat peraturan ukuran lapangan sepak bola internasional sesuai standar yang selama ini digunakan dalam pertandingan, baik di luar maupun dalam negeri. Lapangan sepak bola sendiri memiliki bentuk persegi panjang.

Untuk detail ukurannya, panjang lapangan tersebut berkisar antara 90 meter hingga 120 meter. Sementara, untuk lapangan pertandingan sepak bola resmi tingkat internasional berukuran 110 meter hingga 110 meter.

Lalu, ukuran lebar standar lapangan sepak bola adalah 45m hingga 90 meter. Sedangkan untuk lebar lapangan yang digunakan pada pertandingan resmi internasional berukuran 64m hingga 75 meter

Hal ini didasarkan pada standar lapangan apakah sudah sesuai dengan persyaratan pertandingan sesuai aturan FIFA.

Komponen Lapangan Sepak Bola Sesuai Aturan FIFA

Bukan hanya gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya yang perlu Anda pahami, namun juga komponennya. Selain ukuran, lapangan sepak bola juga memiliki beberapa komponen sesuai aturan FIFA untuk mendukung peraturan pertandingan. 

Lalu, apa saja komponen yang terdapat dalam lapangan sepak bola? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Corner Flagpost

Komponen pertama adalah corner flagspot atau tiang bendera yang dipasang di setiap pojok lapangan. Tinggi tiang bendera yang ada di setiap lapangan sendiri umumnya bervariasi. Akan tetapi, FIFA memiliki kebijakan jika tinggi corner flagpost ini tidak boleh di bawah 1,5 meter.

Corner Arc

Berikutnya, ada corner arc atau area yang berbentuk seperempat lingkaran di setiap pojok lapangan sepak bola. Fungsi dari area sudut in adalah sebagai titik untuk meletakkan bola apabila terjadi tendangan pojok atau penjuru. Corner arc ini memiliki radius berjarak 1 meter.

Penalty Arc

Penaltty arc merupakan komponen berikutnya di lapangan sepak bola sesuai standar dari FIFA. Komponen ini berupa area cekung setengah lingkaran yang ada tepat di belakang titik penalty. Fungsinya, yakni untuk mengatur jarak pemain dan bola saat terjadi tenadang penalti.

Adanya penalty arc akan menjadi pembatas agar jarak antara pemain dan bola bisa ideal ketika sedang terjadi tendangan penalti. Adanya komponen ini juga memudahkan pemain dalam memperkirakan posisi ketika akan melakukan tendangan pinalti.

Penalty Spot

Selanjutnya, pada setiap gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya, Anda akan menemukan pinallty spot atau titik tendanagn pinalti. Ini berada tepat di bagian depan tengah gawang. Jarak dari titik pinalti ke garis gawang adalah sekitar 11 meter. Hal tersebut disebut sebagai titik 12 pas.

Nama titik 12 pas tersebut digunakan untuk menunjukkan ukuran jarak titik pinalti dan garis gawang. Ukuran tersebut menggunakan satuan yard, yaitu 11 meter yang setara dengan 12 yard. Satuan yard sendiri digunakan karena termasuk pada standar internasional.

Goal Box

Komponen berikutnya adalah goal box atau kotak area gawang yang ukuran panjangnya 18,32 meter dan lebarnya 5,5 meter dihitung dari garis gawang. Ukuran goal box pada lapangan sepak bola lebih kecil dibandingkan kotak penalti.

Goal box juga dapat diartikan sebagai wilayah kekuasaan kiper dalam menghalau bola agar tidak masuk gawang. Apabila kiper mendapatkan gangguan dari pihak lawan ketika menangkap bola tinggi di area goal box, maka pertandingan akan dihentikan.

Penalty Box

Pemalty box adalah area kotak dekat gawang sebagai titik krusial yang dihindari pemain agar tidak melakukan pelanggaran. Pemain sepak bola menghindari menyerang musuh di kotak ini agar tim lawan tidak dihadiahi tendangan penalti.

Apalagi tendangan penalti lebih besar menghasilkan gol, sehingga tim lawan bisa memperoleh poin. Penalty box memiliki ukuran panjang 40,32 meter dan lebar 16,5 meter yang terhitung dari garis gawang.

Center Spot

Titik pusat lapangan atau center spot, yaitu titik yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh bola ketika akan memulai pertandingan di babak pertama. Ketika terjadi kick off pertandingan, akan ada 1 hingga 2 pemain yang berdiri di titik ini.

Center Circle

Pada lapangan sepak bola ada juga center circle atau lingkaran yang tepat berada di tengah. Masih berkaitan dengan komponen sebelumnya, center circle digunakan ketika kick off babak pertama lingkungan tengah memiliki radius 9,15 meter dari masing-masing gawang.

Halfway

Halfway merupakan garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian dengan ukuran sama lebar sebagai area bagi edua tim. Garis tengah yang lebarnya sekitar 45 hingga 90 meter ini berguna untuk mengetahui posisi offside ketika pertandingan.

The Goal Line

The goal lain sendiri berukuran sekitar 45 sampai 90 meter yang letaknya sejajar dari garis gawang. Apabila bola yang dibawa musuh keluar dari garis gawang, maka pertandingan akan dihentikan sesaat. Lalu, akan dilakukan tendangan gawang oleh kiper untuk memulai kembali permainan.

The Touchline

Satu lagi komponen yang juga akan selalu dijumpai dalam gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya, yaitu the touchline atau garis tepi di sepanjang sisi lapangan. Panjang garis ini menyesuaikan ukuran lapangan sepak bola, yaitu panjangnya sekitar 90 hingga 120 meter.

Artikel Terkait

Sorry, no posts were found.

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar