Materi Matematika Kelas 4

83 / 100

Rangkuman Pelajaran Kelas 4 SD

Matematika Kelas 4, Kita bisa latihan dari contoh-contoh soal yang sering keluar di ujian materi pelajaran kelas 4 SD. Matematika kelas 4 semester 1 dan 2, kita akan belajar banyak di mata pelajaran ini, yaitu:

  1. Cara menghitung kelipatan,
  2. Mencari faktor bilangan
  3. Cara pengukuran
  4. Menghitung panjang meja
  5. Menghitung tinggi badanmu
  6. Dan cara menghitung berat badan.

Matematika kelas 4 SD juga ada pengenalan segitiga dan jajar genjang, bangun ruang dan datar sampai bilangan romawi yang bentuknya unik.

  1. Kelipatan dan Faktor Bilangan
    Ilustrasi Kelinci Melompat yang bisa dihitung jaraknya dengan kelipatan dan faktorisasi (dok: Pixabay oleh em_framing)
    Ilustrasi Kelinci Melompat yang bisa dihitung jaraknya dengan kelipatan dan faktorisasi (dok: Pixabay oleh em_framing)
    Kelipatan dan faktor bilangan adalah bahasan pertama yang akan kita temui di materi matematika kelas 4 semester 1.

Contoh dari kelipatan dan faktor bilangan di kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Suatu hari, kita jalan-jalan dengan keluargamu ke kebun binatang. Kita melihat seekor kelinci keluar dari kandangnya. Kemudian kelinci itu melompat dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kita mengukur panjang lompatan si kelinci.

Satu kali melompat, kelinci bisa pergi sejauh 1 meter. Kira-kira kalau sudah 5 kali melompat, berapa jauh ya jarak yang ditempuh kelinci? Pertanyaan ini bisa terjawab kalau kita memahami pelajaran kelas 4 SD tentang kelipatan, dan faktor bilangan.

  1. Operasi Hitung Faktor Bilangan
    Matematika kelas 4 semester 1 selanjutnya adalah mengenai operasi hitung bilangan.

Misalnya, ibu dari pasar membeli 3 apel kemudian ayah membeli lagi 3 apel. Maka untuk mengetahui jumlah apel ayah dan ibu harus dilakukan penjumlahan.

Atau saat nenek membeli 15 rambutan di pasar, ia ingin kelima cucunya mendapatkan jumlah rambutan yang sama. Maka 15 rambutan nenek harus dibagi 5 (jumlah cucu), dan artinya kita sedang melakukan pembagian.

  1. Pengukuran
    Kita diminta membeli beras ke warung oleh ibu. Kemudian ibu bilang kalau beras yang kita beli adalah seberat 2 kilo (Kg).

Kenapa ya kalau beli beras harus pakai kilo (Kg)? tetaapi waktu kita diukur tinggi badan di sekolah, ibu guru menggunakan centimeter (cm).

Beli beras gak bisa pakai satuan centimeter? Atau mengukur tinggi badan pakai kilo (Kg)?

  1. Segitiga dan Jajargenjang
    Ilustrasi Segitiga (dok: Pixabay oleh ds_30) – pelajaran kelas 4 sd, segitiga jajargenjang
    Ilustrasi Segitiga (dok: Pixabay oleh ds_30)
    Pernah gak kita memperhatikan kenapa ada penggaris yang bentuknya segitiga atau layar perahu yang sedang dibentangkan, bisa juga bendera pramuka.

Terus gimana ya kalau kita mau menghitung luas dan kelilingnya?

Nah, pertanyaan ini bisa terjawab kalau kita memahami MTK kelas 4 SD tentang segitiga.

  1. Bilangan Bulat
    Di kelas 3 SD kita pasti udah pernah belajar mengenai bilangan kan? Nah di pelajaran kelas 4 SD kita bakal ketemu lagi nih sama si bilangan.

Tapi kita akan belajar mengenai macam-macam bilangan. Emang bilangan banyak macamnya ya?

Oh ada dong. Contohnya gini nih, pernah gak sih kita kepikiran kenapa ya pas ulangan nilaimu atau nilai temanmu ada koma-nya? Misal: 80,5 atau 78,5 gitu?

  1. Pecahan
    Ilustrasi potongan Kue Ulang Tahun sebagai contoh pecahan dalam kehidupan sehari-hari (dok: Pixabay oleh MartinL21) – pelajaran kelas 4 sd matematika
    Ilustrasi potongan Kue Ulang Tahun sebagai contoh pecahan dalam kehidupan sehari-hari (dok: Pixabay oleh MartinL21)
    Suatu hari, temanmu sedang berulang tahun. Dia mengundangmu dan beberapa teman lainnya datang ke rumahnya untuk merayakan hari ulang tahunnya.

Di sana, kita disuguhkan dengan sebuah kue. Tapi, kita menghitung bahwa ada 8 orang teman yang datang. Lalu ada dirimu dan temanmu yang sedang berulang tahun. Kalau kue dibagi dengan semua orang yang datang ke pesta, kita dapat berapa bagian ya?
Latihan Ulangan Bilangan Pecahan

  1. Bilangan Romawi
    Ilustrasi Jam dengan Angka Romawi (dok: Pixabay oleh Ruwadium) – materi pelajaran matematika kelas 4 sd
    Ilustrasi Jam dengan Angka Romawi (dok: Pixabay oleh Ruwadium)
    Kita pernah melihat jam dengan angka seperti ini? Kalau iya, gimana orang-orang bisa tau jam ini menunjukan angka berapa?
  1. Bangun Ruang dan Bangun Datar
    Ilustrasi Bangun Ruang (dok: Pixabay oleh Counselling) – contoh soal bangun ruang dan bangun datar
    Ilustrasi Bangun Ruang (dok: Pixabay oleh Counselling)
    Pada materi Matematika kelas 4 semester 2 yang terakhir, kita akan mempelajari tentang macam-macam bangun.

Ditambah dengan perbedaan antara bangun ruang dan bangun datar.

Bangun Ruang Sederhana – Teori
Bangun Ruang Sederhana – Latihan Soal
Jaring-jaring Kubus dan Balok
Bangun Datar Simetris – Teori
Bangun Datar Simetris – Latihan Soal
Pencerminan – Teori
Pencerminan – Latihan Soal
Latihan Ulangan Bangun Ruang dan Bangun Datar
IPA
Pelajaran kelas 4 SD yang kedua adalah IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam. Kita juga akan belajar banyak terutama mengenai alam di mata pelajaran ini.

Pernah gak sih kita berpikir kenapa manusia bisa bergerak? Atau coba deh kita pegang tanganmu, ada bagian yang keras kan? Nah, itu namanya tulang yang tergabung dalam sistem rangka manusia.

Terus, kita juga bisa melihat, mendengar, mengecap, meraba, dan mencium sesuatu. Kenapa bisa gitu ya?

Nah, kita akan mendapatkan jawabannya di pelajaran kelas 4 SD tentang rangka dan panca indra manusia.

Kita juga akan mengamati tanaman dan hewan. Terus belajar mengenai berbagai macam gaya dan energi serta sumber daya alam.

  1. Rangka dan Panca Indra Manusia
    Pernah gak, terpikir olehmu kalau manusia bisa berdiri, berjalan dan berlari karena ada rangkaian tulang yang kuat dan mampu menopang tubuh?

Manusia pada dasarnya tidak bisa bergerak atau beraktivitas dengan bebas tanpa adanya tulang yang kuat dan saling terhubung dalam sistem rangka.

Pada bagian pelajaran yang ini, kita akan mempelajari sistem rangka yang menopang tubuh manusia lho. Mulai dari rangka kepala, badan, anggota gerak hingga sendi.

Selain rangka, kita juga akan mempelajari panca indra pada manusia. Apa sih, panca indra itu?

Panca indra adalah sistem fisiologi pada manusia untuk dapat merasakan lingkungan di sekitarnya. Manusia memiliki lima indra dasar: sentuhan, penglihatan, pendengaran, penciuman, dan rasa.

Organ pengindraan yang terkait dengan setiap indra mengirimkan informasi ke otak untuk membantu kita memahami dunia di sekitarmu.

  1. Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
    Kita pasti pernah makan buah-buahan kan? Kayak buah mangga, buah jeruk, buah pisang. Nah, kita tau gak sih kalau buah itu muncul karena adanya bunga lho.

Dan buah juga bisa muncul karena adanya nutrisi dan air yang diambil oleh akar dari dalam tanah. Suatu tumbuhan bisa berbunga atau berbuah karena bagian-bagian tumbuhan yang lain melakukan fungsinya dengan baik.

  1. Penggolongan Hewan
    Kalau kucing makannya ikan, kalau kelinci makannya wortel, kalau monyet makannya pisang. Kok bisa ya, hewan-hewan ini punya jenis makanan yang berbeda?

Pernah gak sih kita memperhatikan jenis makanan hewan di sekitarmu, kenapa kelinci gak makan ikan aja sama kayak kucing atau kenapa kucing gak mau makan pisang kayak monyet?

Pertanyaan tadi akan dijawab di pelajaran kelas 4 SD yang satu ini nih. Kita akan belajar penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan yang dimakannya.

Jenis Makanan Hewan
Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

  1. Daur Hidup Hewan
    Pernah gak sih kita memperhatikan kenapa ya kucing di rumahmu sekarang badannya udah besar? Kenapa suara meong-nya jadi lebih jelas dan dia gak mau lagi nyusu sama induknya?

Atau soal ayam kecil yang warnanya kuning. Kalau kita perhatikan, semakin hari bulunya akan semakin panjang dan warna kuningnya akan menghilang. Sekarang ayam kecil tadi sudah bisa berkokok atau berkotek.

Nah, perubahan hewan dari kecil ke besar inilah yang disebut sebagai daur hidup hewan. Kalau kita di rumah punya ayam peliharaan, kucing atau anjing tentulah kita harus tahu tahap perkembangan binatang peliharaanmu.

Lewat pelajaran kelas 4 SD ini tidak hanya ayam, kucing dan anjing. Kita juga akan mempelajari daur hidup kanguru, kupu-kupu, nyamuk, lalat, kecoa hingga katak.

Daur Hidup Hewan
Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
Daur Hidup dengan Metamorfosis

  1. Makhluk Hidup dan Lingkungannya
    Ikan hidup di air, gajah hidup di darat, burung hidup di udara. Pernah gak terpikir olehmu kenapa hewan-hewan ini harus tinggal di tempat berbeda?

Kira-kira bisa gak ya kalau ikan mau ketemu gajah, dia main-main ke hutan. Atau kalau gajah bosen di darat dia ingin terbang biar ketemu burung di udara?

Ternyata mahluk hidup punya hubungan yang erat lho dengan lingkungannya, ini berkaitan dengan jenis, karakteristik hingga jenis makanan yang dikonsumsi. Melalui pelajaran kelas 4 SD ini, kita akan banyak belajar mengenai hal itu.

Hubungan Antar Makhluk Hidup
Hubungan Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya
Rantai Makanan

  1. Sifat dan Perubahan Wujud Benda
    Pernah gak saat kita sedang asik makan es krim tiba-tiba es krim yang kita pegang mencair dan mengotori tanganmu?

Atau saat kita bangun pagi kita keluar rumah dan melihat daun-daun dari tanaman milik ibumu dipenuhi oleh titik-titik air padahal ibumu belum menyiram tanaman.

Nah, apa yang kita lihat ini adalah bentuk dari perubahan wujud benda. Es krim yang mencair tadi adalah perubahan benda padat ke cair sedangkan titik-titik embun di atas daun adalah perubahan gas menjadi cair.

Sifat Berbagai Wujud Benda
Perubahan Wujud Benda
Sifat Bahan dan Kegunaannya

  1. Gaya
    Pada hari minggu, kita membantu ibu dan ayah bersih-bersih rumah. Kita membersihkan kamarmu, membereskan buku-buku yang berserakan, memperbaiki letak seprai sampai meletakan mainanmu kembali di dalam boks.

Tapi pernah gak sih terpikir olehmu, kenapa ya mainanmu yang tergeletak di lantai berpindah ke dalam box. Sebenarnya apa yang sudah kita lakukan untuk memindahkan barang-barang tadi ada sangkut pautnya dengan gaya.

Gaya bukan cuman saat kita memakai baju baru ya, gaya di sini berkaitan dengan usahamu melakukan sesuatu.

Lewat materi pelajaran kelas 4 SD ini, kita akan belajar pengertian dan macam-macam gaya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Gaya
Gaya Mempengaruhi Gerak Benda
Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda

  1. Energi
    Ibu sedang memasak ikan goreng, ikan yang tadinya mentah digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit. Tak berapa lama, ikan mentah tadi berubah warna menjadi kuning keemasan dan memiliki bau yang menggugah selera makan.

Atau saat sore hari kita tengah bermain bersama teman-teman, lewatlah abang tukang es krim dengan speaker-nya yang berbunyi sangat nyaring sehingga kita dan teman-teman tertarik membeli es krim tersebut.

Nah, dua kegiatan di atas adalah kegiatan yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan energi. Ibu menggoreng ikan dalam minyak panas berasal dari energi panas api kompor, sedangkan speaker tukang es krim berbunyi karena adanya energi bunyi.

Di materi pelajaran kelas 4 SD ini, kita akan banyak belajar mengenai apa itu energi, mulai dari energi panas, energi bunyi hingga energi alternatif.

Energi Panas
Energi Bunyi
Energi Alternatif
Latihan Ulangan Energi

  1. Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
    Saat malam hari dan tidak sedang turun hujan, pernahkah kita memperhatikan langit?

Bisa menemukan bulan yang bersinar terang dan bintang yang berkelap-kelip.

Ilustrasi Bulan di Malam Hari (dok: Pixabay oleh David_Miram) – materi pelajaran matematika kelas 4 sd
Ilustrasi Bulan di Malam Hari (dok: Pixabay oleh David_Miram)
Tapi saat kita tertidur dan bangun di pagi hari, kita melihat ke langit dan kita merasa silau.

Kita tidak bisa menemukan bulan atau bintang seperti semalam.

Kenapa ya benda-benda langit hanya muncul di saat tertentu?

Melalui materi pelajaran kelas 4 SD tentang benda-benda langit, kita akan mempelajari kenampakan yang terjadi di langit dan macam-macam benda langit lainnya:

Perubahan Kenampakan Bumi
Perubahan Kenampakan Benda Langit
Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit – Latihan Ulangan

  1. Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan
    Saat sedang turun hujan disertai angin kencang kadang tanah di halaman rumah ikut terbang terbawa angin.

Kalau anginnya sangat kencang, kadang juga batu-batu ikut terbawa dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Selain karena hujan dan angin, banyak fenomena alam yang mengakibatkan perubahan pada wilayah daratan.

Melalui materi ini, kita akan mempelajari perubahan lingkungan secara fisik dan dampaknya bagi wilayah daratan dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan – Teori
Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan – Latihan Soal

  1. Sumber Daya Alam
    Materi pelajaran kelas 4 SD selanjutnya adalah mengenai sumber daya alam adalah bahan dari bumi yang digunakan untuk menunjang kehidupan dan memenuhi kebutuhan manusia. Setiap zat alami yang digunakan manusia dapat dianggap sebagai sumber daya alam.

Minyak yang sering ibumu pakai untuk menggoreng ikan, gas 3kg yang sering ibumu gunakan supaya kompor bisa menghasilkan api, batu akik yang sering ayahmu pakai di jarinya.

Bahkan air, sinar matahari, tanah dan udara adalah sumber daya alam yang sering kita gunakan.

Di materi ini, kitaakan mengenal jenis-jenis sumber daya alam, kegunaannya hingga cara merawat sumber daya alam agar tidak habis.

Sumber Daya Alam – Teori
Sumber Daya Alam – Latihan Ulangan
Bahasa Inggris
Di pelajaran kelas 4 SD tentang Bahasa Inggris, kita akan mempelajari cara bertanya mengenai kabar, cara memperkenalkan diri, dan cara bertanya tentang pekerjaan.

Selain itu, kita juga akan diajarkan mengeja dalam Bahasa Inggris, mengenal warna dan mengenal nama-nama barang di kelas dalam Bahasa Inggris.

mata pelajaran bahasa inggris kelas 4 sd
Materi Bahasa Inggris kelas 4 SD
Chapter 1 – How Are You?
Arti “how are you?” adalah “apa kabar mu?” Pada materi ini, kita akan belajar bagaimana cara menanyakan kabar ke orang lain dan menjawab pertanyaan terkait kabar jika seseorang bertanya padamu.

Kita juga akan belajar bagaimana menjawab saat kabarmu tidak baik-baik saja. Misalnya sedang sakit atau sedang tertimpa musibah.

Materi – How Are You?
Chapter 2 – How Do You Spell That?
Materi pelajaran kelas 4 SD dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah tentang mengeja.

Spell dalam bahasa Indonesia artinya adalah eja, dan spelling artinya mengeja. Yup, betul banget kita akan belajar cara mengeja menggunakan huruf dalam bahasa Inggris.

Berbeda dengan mengeja di bahasa Indonesia, perbedaan spelling dalam bahasa Inggris bukan hanya dari segi pelafalan huruf namun juga dari cara penambahan atau peleburan huruf dalam suatu kata.

Materi – How Do You Spell That?
Chapter 3 – What is Your Name?
Kira-kira jika seseorang bertanya mengenai namamu dalam bahasa Inggris, apa yang akan kita lakukan? Jawaban apa yang pantas diberikan kepada orang tersebut?

“What is your name?” memiliki arti dalam bahasa Indonesia “Siapa namamu?”. Ini adalah pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang lain saat pertama kali bertemu denganmu.

Menanyakan nama juga termasuk tahapan perkenalan. Pengertian perkenalan adalah membuat sesuatu diketahui untuk pertama kali, atau secara formal memberitahu dua orang siapa lawan bicaranya.

Melalui materi pelajaran kelas 4 SD ini, kita akan belajar bagaimana menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan namamu dan memberikan respon yang baik.

Materi – What is Your Name?
Chapter 4 – Introducing Yourself
Di tahap ini, kita akan diajarkan lebih lanjut mengenai cara memperkenalkan diri. Misalkan, kita diminta untuk memperkenalkan diri di depan kelas, kira-kira apa saja informasi tentang dirimu yang akan kita sampaikan?

Coba lihat contoh perkenalan diri yang satu ini, kira-kira udah bener belum ya?

“Hello, I’m Ina from Jakarta. I live in Menteng, Central Jakarta. I am 10 years old. I like watching cartoons and my hobby is cooking with my mother”.

Tapi bahasa Inggris punya penyebutan lain yang akan kita pelajari di materi pelajaran kelas 4 SD ini.

Materi – Getting To Know Numbers
Chapter 6 – What Colour Is It?
Langit cerah warnanya biru, mawar warnanya merah, rumput warnanya hijau. Nah, kalo kita ingin menyebutkannya dalam bahasa Inggris, kira-kira nama warna-warna di atas disebutnya apa ya?

Di materi ini, kita akan belajar menghafal nama-nama warna dalam bahasa Inggris lho.

Materi – What Colour Is It?
Chapter 7 – Things in the classroom
Coba deh, saat di kelas kita memperhatikan sekitarmu. Apakah menemukan papan tulis? Buku-buku? Meja? Kursi? Atau temanmu yang menggunakan seragam?

Materi – Things in the classroom
Chapter 8 – Commands At School
Bu guru tiba-tiba memanggilmu kemudian memintamu membawa buku dari ruang guru, atau kepala sekolah tiba-tiba memanggilmu untuk datang ke ruangannya?

Dua contoh diatas adalah contoh perintah yang biasanya kita dapatkan saat di sekolah. Kira-kira apa lagi ya bentuk perintah yang ada di sekolah, terus bagaimana penyebutannya dalam bahasa Inggris? Nah, langsung cek aja pelajaran kelas 4 SD di bawah ya:

Materi – Commands At School
Chapter 9 – What do you do?
What do you do? Dalam bahasa Indonesia artinya “Apa pekerjaanmu?”. Nah, kalo ada orang yang bertanya padamu seperti ini, kita harus menjawab apa?

Artikel Terkait

WiryaOne adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta edukasi, kreatifitas dalam dunia internet.

Satu pemikiran pada “Materi Matematika Kelas 4”

Tinggalkan komentar