Contoh RPP 1 Lembar SD, SMP, SMA dan Tips untuk Membuatnya

Contoh RPP 1 Lembar

Contoh RPP 1 Lembar saat ini tengah banyak dicari oleh orang-orang, khususnya para guru di seluruh Indonesia. Hal ini terjadi karena adanya perubahan kurikulum dari menteri pendidikan. Yang mana, jika sebelumnya pembuatan RPP menggunakan dasar kurikulum 2013, kini pembuatan RPP harus menyesuaikan dengan kurikulum Merdeka Belajar.

Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut tertuang dalam sebuah Surat Edaran (SE) Mekdikbud Nomor 14 tahun 208 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penggunaan RPP 1 lembar semakin masif ketika pembelajaran daring berlangsung pada saat pandemi covid-19.

Penyederhanaan RPP ini sangat membantu guru dalam menyusun sebuah rencana pembelajaran. Pasalnya, RPP yang dibuat lebih ringkas dan sederhana dari pada RPP yang masih berpedoman pada kurikulum 2013.

Meskipun terbilang sederhana, masalahnya masih banyak para guru yang tidak tahu bagaimana bentuk dari RPP 1 lembar. Nah, untuk itu, Anda jangan khawatir, karena di sini kami akan mengupas tuntas mengenai bagaimana membuat RPP satu lembar lengkap dengan contohnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh RPP 1 lembar, kami akan membahas terlebih dahulu pengertian dari RPP. RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah sebuah pedoman pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru dengan tujuan untuk mencapai satu kompetensi dasar yang sudah ditetapkan di dalam silabus pendidikan.

Seorang guru sangat penting untuk memiliki komponen yang bernama RPP ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, RPP merupakan perangkat pembelajaran yang akan sangat membantu guru dalam mengajar di dalam kelas. Adanya RPP ini juga membuat pembelajaran dengan murid lebih terstruktur dan terarah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Manfaat RPP untuk Guru

Banyak sekali manfaat yang diberikan RPP ini kepada guru, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Pembelajaran di dalam kelas lebih tersistem

Tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai

Guru lebih mudah untuk membuat cara dan metode pembelajaran yang menarik untuk siswa

Waktu mengajar tidak terbuang sia-sia

Dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran selanjutnya

Prinsip RPP 1 Lembar

Para guru saat ini sangat membutuhkan contoh RPP 1 lembar lantaran mereka belum tahu apa saja prinsip dalam menyusunnya. Secara teori terdapat tiga prinsip utama yang harus diketahui guru dalam menyusun RPP 1 lembar, berikut adalah prinsip-prinsipnya:

  1. Efisien
    Prinsip yang pertama yaitu efisien. Efisien yang dimaksud disini adalah, para guru harus membuat RPP secara ringkas dan tidak banyak tulisan di dalamnya. Artinya, penyusunan RPP tidak memerlukan tenaga dan waktu yang banyak.
  2. Efektif
    Walaupun terlihat sederhana, namun isi dari RPP satu lembar tidak boleh sembarangan. Justru dari rencana pembelajaran yang singkat tersebut dapat termuat cara dan metode pembelajaran yang efektif.
  3. Orientasinya Pada Siswa
    Objek utama dalam penyusunan RPP adalah siswa. Saat melakukan penyusunan RPP, guru harus mempertimbangkan aspek kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan para siswa.

Efisien

Prinsip yang pertama yaitu efisien. Efisien yang dimaksud disini adalah, para guru harus membuat RPP secara ringkas dan tidak banyak tulisan di dalamnya. Artinya, penyusunan RPP tidak memerlukan tenaga dan waktu yang banyak.

Efektif

Walaupun terlihat sederhana, namun isi dari RPP satu lembar tidak boleh sembarangan. Justru dari rencana pembelajaran yang singkat tersebut dapat termuat cara dan metode pembelajaran yang efektif.

Orientasinya Pada Siswa

Objek utama dalam penyusunan RPP adalah siswa. Saat melakukan penyusunan RPP, guru harus mempertimbangkan aspek kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan para siswa.

Tips Membuat RPP Satu Lembar

Untuk lebih mempermudah Anda sehingga tidak perlu mencari contoh RPP 1 lembar lagi, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam membuat RPP satu lembar:

1) Identify Disered Result (Identifikasi Tujuan yang Diinginkan)

Hal pertama yang harus Anda tetapkan adalah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan tersebut harus berdasarkan kepada standar kompetensi seperti kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran.

2) Determine Acceptable Evidence (Menentukan Tolak Ukur)

Langkah kedua, Anda harus menyiapkan sebuah tolak ukur atau indikator untuk mengukur sejauh apa keberhasilan pembelajaran di dalam kelas. Beberapa tolak ukur tersebut haruslah bersifat nyata dan dapat dilihat.

Pada tahapan ini, Anda dapat secara bebas menggunakan alat apa saja untuk mengukur pemahaman siswa. Umumnya, guru akan menggunakan alat berupa asesmen yang diberikan kepada siswa.

3) Plan Learning Experiences and Instruction (Merencanakan Pengalaman Belajar dan Instruksinya)

Langkah terakhir, adalah menyusun strategi dan metode pembelajaran yang akan Anda gunakan di dalam kelas. Poin yang terakhir ini begitu penting untuk diperhatikan oleh para guru. Pasalnya, ini akan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Semakin baik strategi dan metode pembelajaran yang dibuat, maka semakin mudah pula tujuan pembelajaran tercapai.

Contoh RPP 1 Lembar Untuk SD, SMP, dan SMA

Bagi Anda yang masih kebingungan dengan RPP satu lembar, Anda tidak usah pusing. Sesuai janji kami di awal, kami akan membagikan beberapa contoh RPP satu lembar untuk jenjang SD, SMP dan SMA. Berikut ini adalah contoh-contohnya:

  1. Contoh RPP 1 Lembar SD
    rpp 1 lembar SD
  2. Contoh RPP 1 Lembar SMP
    RPP 1 Lembar SMP
  3. Contoh RPP 1 Lembar  SMA
RPP 1 Lembar SMA

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh RPP 1 Lembar dan tips untuk membuatnya. Semoga artikel ini dapat membantu para guru semua dalam menyusun RPP satu lembar yang baik dan benar. Sehingga, proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar dan efektif.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar