Pembelajaran Inquiry Learning

86 / 100

Inquiry Learning

Penerapan dalam pembelajaran untuk anak didik ada beragam metodenya, penyampaian yang bervariasi bisa menjadi tujuan dan manfaat yang ingin dicapai.

Salah satu metode tersebut adalah inquiry learning, adalah tergolong pembelajaran yang unik dan memiliki karakteristik dibandingkan metode pembelajaran lainnya.

Inquiry Learning
Inquiry learning adalah pembelajaran bukan sekadar praktik, melainkan mengundang rasa ingin tahu peserta didik

Pada dasarnya Inquiry learning adalah metode pembelajaran yang memiliki prinsip mengajak peserta didik untuk aktif bertanya dan bereksperimen dengan mencari materi pembelajaran secara mandiri, tentunya selama ada proses belajar mengajar.

Pengembangan keterampilan penyelidikan dan kebiasaan berpikir yang memungkinkan peserta didik untuk melanjutkan pencarian pengetahuan.

Yang mana Inquiry memiliki arti meminta keterangan atau penyelidikan, sedangkan learning artinya pembelajaran.

Oleh sebab itu Inquiry learning adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pada rasa ingin tahu dari siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis apa yang akan ia pelajari.

Peserta didik di beri kesempatan untuk penyelidikan sebuah masalah, hal inilah yang di tekankan dalam metode ini. Sedangkan bagi pengajar menggerakkan siswa dalam menemukan jawaban atas rasa keingintahuannya melalui pemikiran kritis, logis, melakukan identifikasi masalah dan menemukan sendiri jawabannya dengan melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan. (inquiry based-learning).

Perlu diingat bahwa pembelajaran berbasis (inquiry based-learning) bukanlah teknik atau praktik saja, tetapi sebuah proses yang memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan intelektual dan pemahaman mendalam para peserta didik.

Jenis inquiry learning

Dengan peran pengajar, pembelajaran dengan metode inquiry learning memiliki beberapa jenis, yaitu:

  1. Guided Inquiry (inkuiri terbimbing), Guided inquiry, peran pengajar dimulai dari menentukan tema dan topik penyelidikan yang akan dibahas. Selain itu pengajar juga turut mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diselidiki peserta didik. Dalam hal ini pengajar ikut terlibat dalam membimbing dari awal proses hingga akhir.
  2. Open Inquiry (inkuiri terbuka) adalah berbeda dengan guided inquiry, jenis pembelajaran ini pengajar menempatkan diri sebagai fasilitator selama proses pembelajaran. Pengajar bisa memberikan masukan dan ikut terlibat membantu peserta didik jika diminta. Dalam proses pembelajaran, peserta didik mendapat kebebasan mengeksplor penyelidikannya. Terdapat inisiatifnya sendiri dari peserta didik dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi dan menemukan jawabannya sendiri.

Manfaat metode pembelajaran inquiry learning

Metode pembelajaran ini memiliki beberapa manfaat bagi peserta didik, yaitu:

  1. Mampu mengembangkan keterampilan bertanya, penelitian, dan komunikasi
  2. Meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antarpeserta didik atau kelompok untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal
  3. Mampu memecahkan masalah, membuat solusi, dan mengatasi pertanyaan dan masalah kehidupan nyata. Dapat mengembangkan bakat, mengembangkan keterampilan berpikir kritis atau critical thinking skills dan meningkatkan keberhasilan belajar.
  4. Meningkatkan partisipasi dalam penciptaan dan perbaikan ilmu pengetahuan dalam belajar

Langkah pembelajaran inquiry learning

Diatas sudah di sebutkan ada 4 manfaat dari metode pembelajaran inquiry learning, namun manfaat tersebut akan bisa tercapai jika di implementasi, dengan langkah-langkah atau proses belajar mengajar yang tepat, langkah – langkah metode inquiry learning yaitu:

  1. Peserta didik atau siswa yang mengajukan atau merumuskan sendiri pertanyaan
  2. Menyelidiki suatu hal dalam berbagai situasi
  3. Siswa melakukan analisis dan memberikan deskripsi dalam menemukan hal-hal yang sudah diselediki
  4. Mempresentasikan hasil temuan baik secara lisan atau tertulis
  5. Proses evaluasi.
  6. Siswa merefleksikan tentang informasi dan pengetahuan yang diperoleh

Referensi:

Pappas, Christopher. 2014. Instructional Design Models and Theories: Inquiry-based Learning Model [online]. Link: https://elearningindustry.com/inquiry-based-learning-model (Accessed: 4 July 2022)

Pappas, Christopher. 2019. 6 Tips To Use Inquiry-Based Learning In Modern Online Training Experiences [online]. Link:https://elearningindustry.com/tips-use-inquiry-based-learning-modern-online-training-experiences (Accessed: 4 July 2022)

Shank, Patti. 2018. How Well Do We Learn From Experiential Or Inquiry Learning Approaches? [online]. Link: https://elearningindustry.com/experiential-inquiry-learning-how-well-learn (Accessed: 4 July 2022)

Artikel Terkait

WiryaOne adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta edukasi, kreatifitas dalam dunia internet.

Tinggalkan komentar