Internship Program

82 / 100

Internship

Dalam undang-undang No.13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan, intership program yang lebih identik dengan mahasiswa, mahasiswa khususnya yang sudah berada di tingkat akhir, bisa untuk pemenuhan mata kuliah atau sekadar mencari pengalaman sebelum kerja.

Internship progam adalah program kegiatan pelatihan yang berada di lingkungan kerja atau sering disebut dengan istilah magang.

Internship,
Internship progam,
Internship adalah
Internship Program

Program ini diselenggarakan oleh sebuah lembaga dan perusahaan. Melalui program itu nantinya seseorang akan mendapatkan berbagai bimbingan dalam pekerjaan. Manfaat yang didapat seperti skillset atau networking di dunia kerja.

Definisi Internship

Kata atau sebutan yang mengacu pada waktu dalam periode pengalaman kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada para siswa maupun lulusan baru di lingkungan pekerjaan yang sesungguhnya merupakan apa itu internship. Kegiatan yang seringkali dilakukan oleh perusahaan tertentu dan berhubungan dengan bidang atau keahlian yang dimiliki.

Internship adalah suatu kegiatan magang singkat yang biasa dilakukan selama paling sebentar satu minggu dan paling lama hingga satu tahun. Biasanya orang yang tergabung dalam kegiatan ini dibayar secara sukarela, namun ada juga lembaga atau perusahaan yang menyediakan uang saku bagi peserta magangnya.

Program internship diadakan untuk memberi bantuan kepada seseorang, agar orang tersebut dapat menguasai sebuah keahlian atau sesuatu yang sedang ia pelajari melalui posisi pekerjaan di tempat orang tersebut melakukan magang. Selebihnya orang tersebut bisa bersiap berada di dunia kerja yang nyata.

Tujuan Internship

Dalam pelaksanaannya, tujuan dari internship sebenarnya luas karena peserta dapat melihat seperti apa dunia pekerjaan sebelum terjun langsung menjadi seorang pegawai atau karyawan. Internship juga ditujukan agar seseorang memulai merintis kariernya, mereka bisa memilih dan menentukan apakah cocok dengan suasana dari perusahaan tempatnya melakukan magang.

Mengikuti internship program mampu meningkatkan pengalaman dan pengetahuan, hal ini bisa membuat seseorang memiliki kepercayaan diri yang lebih besar. Selain itu, capaian-capaian ketika melakukan magang juga akan membuat perusahaan tempatnya magang tertarik memberi satu tempat bekerja saat masa magang selesai dilakukan.

Kemampuan keterampilan seseorang setelah selesai melakukan internship juga akan meningkat, termasuk dalam berkomunikasi, organisasi bahkan dalam kerja tim. Beberapa hal ini tentu akan bermanfaat ketika seseorang tersebut masuk dalam dunia kerja yang nyata, selain itu internship juga memberi peluang mendapatkan banyak relasi.

Kemungkinan mendapat referensi dalam pekerjaan masa depan juga akan lebih banyak, apabila mentor sudah mengetahui bagaimana kinerja serta kompetensi dari para pemagang lainnya. Internship sebenarnya memberi banyak manfaat bagi seorang yang satu langkah akan memasuki dunia kerja dan mampu digunakan saat bekerja, begitulah arti internship.

Manfaat Internship

Group of asia young creative people japanese female boss supervisor teaching intern or new employee hispanic girl helping with difficult assignment in modern office. coworker teamwork concept. Free Photo

Merasakan Pengalaman Bekerja

Manfaat utama yang didapat seseorang saat melakukan internship adalah mendapatkan pengalaman kerja yang nyata. Pengalaman ini bisa dianggap sebagai ajang pemanasan sebelum benar menekuni kerja nyata yang sesungguhnya. Banyak yang bisa dipelajari saat menjalani internship, mulai dari sistem kerja di perusahaan, etika dan praktek kerja secara langsung.

Relasi Baru

Menemukan orang baru atau kenalan baru saat magang menjadi manfaat selanjutnya yang didapat seseorang ketika internship. Sebisa mungkin untuk mencoba menjalin hubungan dengan relasi dengan orang baru yang dikenal ketika magang. Bisa saja berjumpa dengan senior di kantor, kemudian bisa mencuri ilmu pengetahuan soal bekerja dari senior tersebut.

Internship progam menjadi salah satu cara meningkatkan karier dan pengembangan potensi diri terhadap para senior yang berada di perusahaan tersebut. Apabila beruntung dan mampu berteman dengan baik dengan para senior yang lebih kompeten, maka relasi ini bisa dijadikan sebagai batu lonjakan demi meraih kesuksesan di masa depan.

Keluar Zona Nyaman

Dunia kerja dan pendidikan sangat berbeda, ketika melakukan kesalahan saat belajar maka bisa diperbaiki di kesempatan berikutnya. Namun dalam dunia kerja kesalahan bisa jadi akhir dari kesempatan bekerja mereka. Masuk ke dunia kerja membuat seseorang harus mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki demi memberi kontribusi bagi perusahaan tersebut.

Keterampilan Komunikasi yang Meningkat

Saat magang seseorang akan banyak bertemu dengan orang lain yang mungkin memiliki jabatan tinggi di suatu perusahaan. Mulai dari atasan, rekan kerja hingga klien dan tentu dalam hal ini cara menjalin komunikasi dengan orang-orang tersebut berbeda dengan cara komunikasi dengan teman atau keluarga.

Realisasikan Ilmu

Manfaat selanjutnya dari program internship adalah mampu mempraktekkan seluruh ilmu yang sebelumnya sudah dipelajari sebelumnya di waktu kuliah. Jika sebelumnya hanya tahu secara materi, dalam dunia kerja materi itu dipraktekkan secara langsung. Memilih perusahaan untuk magang juga penting, karena harus disesuaikan dengan latar belakang pendidikan.

Contoh Internship yang Banyak Diminati

Internship atau magang di Indonesia saat ini sudah banyak dilakukan bahkan ada program magang mahasiswa bersertifikat dengan fasilitas agar mahasiswa bisa magang di perusahaan-perusahaan BUMN dengan akses yang terbuka. Internship di Indonesia diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dalam Undang-undang ini internship adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara keseluruhan di bawah bimbingan serta pengawasan instruktur atau dengan pekerja berpengalaman lebih dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Internship dilaksanakan atas dasar perjanjian antara peserta dan pengusaha yang dibuat secara tertulis, seperti tokopedia internship. Perjanjian yang dibuat berisi ketentuan hak dan kewajiban peserta dan pengusaha, hingga jangka waktu magang. Internship yang dilakukan tidak melalui sebuah perjanjian dianggap tidak sah.

Artikel Terkait

WiryaOne adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta edukasi, kreatifitas dalam dunia internet.

Tinggalkan komentar