7 Jenis Media Pembelajaran Beserta Pengertian dan Contohnya

Ada banyak jenis media pembelajaran yang bisa kita terapkan kepada siswa/siswi di zaman sekarang ini, peran teknologi sudah masuk ke berbagai jenis aspek pendidikan. Media pembelajaran sendiri berguna untuk kita terapkan agar siswa/siswi memiliki minat yang tinggi dalam belajar.

Media Pembelajaran

Jenis jenis media pembelajaran diperlukan sekali untuk pengajar dalam mendidik siswa siswinya agar lebih bersemangat dalam belajar. Media pembelajaran juga salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini perlu diterapkan guna untuk merangsang pola pembelajaran agar dapat menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar sehingga kegiatannya dapat efektif mencapai tujuan yang baik.

Untuk lebih memahami tentang jenis-jenis media pembelajaran, berikut penjelasan lengkap yang dirangkum oleh Lentera EDU.

Pengertian Media Pembelajaran

Sebelum mengetahui macam-macam media pembelajaran, hal yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah memahami tentang pengertian media pembelajaran yang tepat untuk siswa/siswi. Berikut pengertian media pembelajaran:

  • Media Pembelajaran adalah segala Bentuk benda dan peristiwa yang dimanfaatkan oleh peserta didik atau pendidik untuk membantu proses pembelajaran
  • Media adalah segala sesuatu yang menjadi sarana perantara dan pengantar informasi dari sumber kepada penerimanya
  • Dan Pembelajaran adalah peristiwa yang didalamnya proses belajar dan mengajar

Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran

  • 1600-an: Perkembangan teknologi percetakan surat kabar
  • 1800-an: Perkembangan teknologi fotografi, telepon dan gramopon
  • Awal 1900M: Perkembangan teknologi film roman, radio dan alat perekam
  • Pertengahan 1900: Perkembangan teknologi televisi, satelit dan surat kabar digital
  • Akhir 1900M: Perkembangan teknologi komputer, internet, video, DVD dan TV Satelit
  • Tahun 2000M: Perkembangan Multimedia sebagai bagian dari internet

Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Menurut smaldino et al, Muhammad yaumi, kustandi dan Sutjipto ada 7 jenis media pembelajaran antara lain:

1. Benda Nyata

Benda nyata adalah sebuah benda asli yang ada dilingkungan sekitar kita seperti tumbuhan, hewan, batu dan benda-benda lain. Benda-benda tersebut tentu dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran

2. Media Model

Media model atau media manipulatif adalah sebuah benda tiruan yang bersifat tiga dimensi sehingga dapat kita sentuh dan dapat kita gunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Seperti Globe, mobil mainan ataupun benda-benda tiruan lainnya

3. Media Manusia

Manusia pada saat tertentu juga bisa berperan sebagai media pembelajaran, misalnya sebuah petugas pemadam kebakaran dapat kita undang ke kelas untuk memperagakan cara memadamkan api, dan pada saat itu petugas pemadam kebakaran tersebut telah berfungsi sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran cara memadamkan api

4. Media Teks

Media Teks yaitu rangkaian kata ataupun kalimat yang tertulis didalam sebuah teks, teks adalah sebuah media abstrak yang dapat kita gunakan untuk menyampaikan informasi secara tepat dan cepat. Namun, penggunaan media teks itu memerlukan sebuah pemikiran ataupun pemahaman orang yang membaca teks tersebut.

5. Media Visual

Sebuah media yang dapat merangsang fikiran melalui indra mata, seperti gambar, poster dan lain sebagainya

6. Media Audio

Media Audio adalah sebuah media yang dapat didengar atau dapat merangsang fikiran melalui indra pendengaran, seperti suara radio hasil rekaman dan lainnya

7. Multimedia

Multimedia adalah sebuah paket pembelajaran yang di program menggunakan perangkat komputer dimana didalamnya telah dikombinasikan media teks, gambar, audio ataupun media video sehingga dapat lebih baik untuk mendukung proses pembelajaran

Nah, itulah 7 jenis jenis media pembelajaran menurut tokoh, selain itu kita dapat mengklafikasi media pembelajaran berdasarkan cara memproduksinya, kita mengenal yang namanya media hasil cetak seperti koran, buku pelajaran dan yang lainnya.

Dan kita juga mengenal media atau audio visual seperti video atau interatif video dan kita juga mengenal yang namanya media hasil komputer seperti program komputer, aplikasi ataupun website. Selanjutnya kita juga pasti mengenal tentang hasil gabungan teknologi seperti VR atau Virtual Reality dan jenis jenis media canggih lainnya.

Urgensi Penggunaan Media Dalam Pembelajaran

Selanjutnya Urgensi penggunaan media bagi pembelajaran antara lain dapat meningkatkan kemampuan mendidik dalam menyampaikan sebuah informasi misalnya ketika seorang pendidik ingin menirukan suara kambing, maka tentu akan lebih baik ketika ia menggunakan rekaman dari suara kambing tersebut.

Begitu juga ketika seorang pendidik ingin menunjukan bagaimana proses terjadinya letusan gunung merapi, maka akan lebih baik ketika ia menggunakan media video. Media juga dapat meninggkatkan mutu pembelajaran dimana media tersebut dapat mengurangi debat komunitif siswa, sehingga siswa akan lebih mudah memahami pelajaran akan lebih cepat memahami pelajaran dengan menunjukan media-media tersebut.

Kemudian media juga dapat memenuhi kebutuhan siswa, sebagaimana kita ketahui perkembangan komunitif siswa itu berjalan dari tahap ke tahap, misalnya siswa sekolah dasar masih dalam tahap operasional konkret dimana dia membutuhkan benda-benda nyata atau benda-benda konkret untuk dapat meresap atau mencerna sebuah informasi yang bersifat abstrak, oleh karena itu mata pelajaran yang bersifat abstrak seperti matematika misalnya harus menggunakan media visual yang bersifat konkret agar siswa dapat memahaminya.

Kemudian urgensi yang lain adalah untuk memenuhi tuntutan paradigma baru, paradigma pembelajaran jaman sekarang itu adalah berpusat pada siswa, tidak jamannya lagi guru ceramah terus menerus dan siswa hanya mendengarkan, tetapi yang harus diupayakan adalah siswa harus aktif mengembangkan kemampuan.

Pengetahuannya melalui sarana sarana belajar yang tersedia, dalam hal ini kita dapat menggunakan berbagai jenis media pembelajaran untuk merangsang komunitif minat belajar dan motivasi belajar siswa sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dibawah bimbingan guru.

Selanjutnya urgensi yang lain adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar, kompetensi yang diharapkan pada masyarakat abad 21 ini tidak cukup hanya kompetensi membaca menulis ataupun berhitung, tetapi lebih dari itu, masyarakat abad 21 diharapkan memiliki kemampuan literasi yang memadai.

Kemampuan teknologi yang memadai dan kemampuan komunikasi yang baik, oleh karena itu anda dapat menggunakan beberapa jenis media pembelajaran untuk melatih keterampilan keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat abad 21.

Nah, itulah penjelasan pengertian media pembelajaran dari sejarah, urgensi dan macam macam media pembelajaran. Semoga bisa memenuhi kebutuhan pengetahuan untuk anda.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar