Contoh Pidato Singkat Dengan Berbagai Tema Beserta Pengertiannya

Membacakan pidato didepan umum adalah hal yang luar biasa, apalagi kamu memahami banyak tentang pidato mulai dari contoh pidato, pengertian, tujuan, struktur, jenis, dan metode pembacaan pidato. Jika kamu belum tahu banyak, Lentera EDU disini akan memberikan pengertian dan penjelasan lengkap tentang pidato.

Contoh Pidato

Pengertian Pidato

Menurut wikipedia, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyampaikan pesan atau informasi penting, memperingati hari-hari besar tertentu dan berbagai bentuk kegiatan lainnya.

Tujuan Pidato
  • Untuk memberikan pemahaman atau informasi penting kepada orang banyak
  • Untuk meyakinkan pendengar dengan cara argumentatif
  • Untuk menghibur pendengar atau rekreatif
  • Untuk mempengaruhi pendengar dengan tujuan tertentu atau persuasif
Struktur Teks Pidato
  1. Judul
    Harus menggugah rasa ingin tahu pendengar
  2. Pendahuluan/Pembuka
    Berisi salam pembuka, ucapan sapaan (Penghormatan), ucapan syukur dan pengantar mengenai isi pidato
  3. Isi
    Isi merupakan bagian inti pidato berupa gagasan, alasan, berbagai data pendukung dan pesan berupa imbauan atau ajakan. Pada bagian ini dijelaskan secara rinci
  4. Penutup
    Penutup merupakan bagian akhir pidato. Isinya terdiri atas simpulan, ucapan terimakasih, permohonan maaf jika ada salah kata dan salam

Jenis-Jenis Pidato

  1. Pidato Pembukaan
    Pidato singkat yang dibawakan oleh pembawa acara
  2. Pidato Pengarahan
    Pidato yang tujuannya untuk memberikan pengarahan tentang sesuatu
  3. Pidato Sambutan
    Pidato yang dibawakan oleh seorang ketua suatu acara/kegiatan
  4. Pidato Peresmian
    Pidato yang disampaikan oleh orang penting dalam peresmian suatu tempat/acara tertentu
  5. Pidato Laporan
    Pidato yang berisi laporan akhir kegiatan tertentu
  6. Pidato Pertanggung Jawaban
    Pidato yang berisi pertanggung jawaban ketua

Metode Membaca Pidato

  1. Metode Membaca Naskah
    Metode ini merupakan metode dimana orang yang menyampaikan pidato membaca naskah pidato dari awal hingga akhir, pidato yang sudah disiapkan terlebih dahulu sebelum berpidato
  2. Metode Menghafal
    Metode ini merupakan metode dimana orang yang menyampaikan pidato tidak membaca naskah pidato yang sudah disiapkan sebelumnya
  3. Metode Impromtu
    Metode ini merupakan metode dimana orang yang menyampaikan pidato berpidato secara spontan/dadakan tidak direncanakan sebelumnya, tanpa menyiapkan naskah ataupun menghafal
  4. Metode Ekstemporan
    Metode ini merupakan metode dimana orang yang menyampaikan pidato menyiapkan catatan kerangka isi pidato yang nantinya dijabarkan saat berpidato

Contoh Pidato

Contoh Pidato Singkat

Nah, Setelah mengetahui banyak tentang pidato baik dari jenis, struktur, tujuan serta pengertian agar kamu lebih paham lagi, saya akan memberikan contoh pidato tentang perpisahan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

1. Contoh Teks Pidato Tentang Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang terhormat kepala sekolah
Dan yang saya sayangi, rekan-rekan disini
Puji syukur kita panjatkan kepada tuhan yang maha esa yang telah memberi kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul di acara perpisahan ini

Bapak/Ibu Guru yang kami hormati, ijinkan saya mengucapkan berterimakasih yang sebesar-besarnya. Karena berkat Bapak/Ibu Guru yang telah membimbing dan memberikan ilmu kepada kami dengan sabar dan penuh kasih. Karena engkau juga bagaikan mata air disaat kami haus ilmu.

Bapak/Ibu yang kami hormati, tak lupa kami sampaikan permohonan maaf jika kami banyak melakukan kesalahan. Bapak/Ibu yang kami hormati, tak lupa kami sampaikan permohonan maaf jika kami banyak melakukan kesalahan. Ijinkan kami memohon doa restu agar kami berhasil dalam belajar dan berusaha di masa yang akan datang nanti.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan, terimakasih atas perhatian yang diberikan, Wassalamualaikum Wr.Wb

2. Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Wr.Wb,
Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru dan teman teman yang saya cintai.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridhonya sehingga kita semua diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat berbahagia ini.
Solawat beserta salam tidak lupa saya haturkan kepada nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa manusia dari zaman jahiliyah ke zaman yang penuh ilmu pengetahuan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai motivasi diri. Kita tahu bahwa masa muda adalah masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyakk faktor baik positif maupun negatif. Biasanya faktor negatif di lingkunganlah yang lebih cepat diserap kepada diri kita dan tentunya akan berakibat buruk kedepannya.

Untuk itu sudah seharusna kita sebagai generasi muda bisa memilah baik dan buruknya banyak hal yang ada di lingkungan kita, pada dasarnya manusia pandai menilai sesuatu baik itu diri sendiri atau orang lain. Jika tidak dari kita sendiri yang memulai perubahan diri ke yang lebih baik lagi, harus dengan siapa?

Pastinya kita sudah sering melihat di berbagai media sosial, ataupun di dunia nyata jika memili tingkah laku yang tidak terpuji akan menghasilkan kerugian diri, bisa jadi tidak dipercaya oleh orang lain lagi, dijauhi, dipandang buruk dan masih banyak kerugian lain terhadap diri kita jika kita terus memiliki kelakuan tidak baik.

Teman-teman yang saya banggakan, kita sudah seharusnya menebarkan akal sehat dan pemikiran pemikiran dewasa dalam bentuk apapun baik tutur kata, sikap, adab, akhlak dan menjadi contoh pribadi yang baik.

Kita sudah tahu dampak dari pegaulan bebas karena pengaruh lingkungan diluar sana, mereka para muda mudi yang berfikir pendek, hanya berfikir tentang kebahagiaan dimasa kini tanpa memikirkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Jangan sampai kita menjadi bagian dari orang seperti itu dan jangan sampai juga kita menjadi korban akibat pergaulan bebas, di zaman ini bukan saatnya lagi kita tidak punya pendirian.

Kita harus punya prinsip dalam hidup, kita harus mandiri, mampu membawa diri dan pintar memposisikan diri terhadap orang lain atau diri kita. Sudah saatnya kita bangkit dan tunjukan kepada orang banyak bahwa kita mampu merubah diri ke versi yang paling terbaik, membanggakan orang tua, membuat orang tua senyum dengan usaha kita dan yang paling penting, tidak menjadi beban bagi orang tua.

Demikian yang bisa saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya, semoga pesan ini dapat tersampaikan dari hati ke hati untuk bangsa yang lebih baik lagi.
Wassalamualaikum Wr.Wb

3. Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Bapak/Ibu yang saya banggakan
Dan teman-teman seperjuangan yang saya cintai
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Swt yang telah memberikan kenikmatan, kesehatan dan kesempatan untuk kita sehingga bisa berkumpul di tempat ini

Pada kesempatan kali ini, saya akan berpidato tentang kesehatan, 
hidup sehat adalah hal paling penting karena dengan menjaga kesehatan akan membuat tubuh kita terasa ringan dan terbebas dari penyakit, banyak cara untuk menjaga hidup agar lebih sehat, yakni rutin berolahraga mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat atau bisa menerapkan 4 sehat 5 sempurna.

Dengan olahraga yang rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat, akan melancarkan peredaran darah dan membakar lemak jahat yang dapat memicu terjadinya segala jenis penyakit, untuk menghindari hal tersebut, mari kita berolahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

Sekian pidato tentang kesehatan yang dapat saya sampaikan kali ini, Apabila ada perkataan tidak baik saya memohon maaf dengan sebesar besarnya, terimakasih atas perhatiannya, Assalamualaikum Wr'Wb

Nah, jika kamu telah memahami segala sesuatu tentang pidato, sekarang hanya tinggal menerapkannya dan mencobanya dengan baik, kamu bisa melakukan latihan terlebih dahulu didepan teman atau kaca agar fasih dalam publik speaking.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang contoh pidato singkat yang bisa dijadikan refrensi untuk pidatomu dihari nanti.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar