Contoh Paragraf Narasi Singkat Lengkap Beserta Penjelasannya

Didalam mata pelajaran bahasa indonesia, kita sudah tidak asing lagi jika mendengar tentang paragraf narasi. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah pemahaman tentang paragraf narasi dan cara membuatnya.

Apa itu Paragraf Narasi?

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan tentang terjadinya suatu peristiwa yang berlangsung berdasarkan kronologi atau urutan waktu.

Tujuan Paragraf Narasi

Memberikan informasi atau wawasan serta memperluas pengetahuan.

Jenis Jenis Paragraf Narasi
  • Narasi
  • Deskripsi
  • Eksposisi
  • Aegumentasi
  • Persuasi

Ciri-Ciri Paragraf Narasi

  • Menceritakan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalami peristiwa itu
  • Paragraf narasi menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan
  • Dirangkai dalam urutan waktu secara kronologis dan jelas dimana bagian orientasi, klimaks (puncak) dan menyelesaikan masalah
  • Memiliki unsur unsur utama seperti tokoh, latar, konflik dan sudut pandang pengarang

Biasanya paragraf narasi cenderung memiliki tokoh dan bercerita tentang kehidupan tokohnya. Pada paragraf itu menceritakan keseharian, pekerjaan, sifat dan lain sebagainya. Itu adalah ciri-ciri dari paragraf narasi.

Teks narasi memiliki banyak informasi penting mengenai peristiwa yang pernah terjadi. Agar lebih mudah memahami informasi teks, kita dapat mengelompokan informasi tersebut dalam 5W+1H.

5W+1H adalah:

  1. Apa (What): Digunakan untuk menanyakan nama atau jenis peristiwa yang terjadi
  2. Dimana (Where): Digunakan untuk menanyakan tempat terjadinya peristiwa
  3. Kapan (When): Digunakan untuk menanyakan waktu terjadinya peristiwa
  4. Siapa (Who): Digunakan untuk menanyakan tokoh dalam peristiwa yang terjadi
  5. Mengapa (Why): Digunakan untuk menanyakan penyebab/alasan terjadinya peristiwa
  6. Bagaimana (How): Digunakan untuk menanyakan cara atau keadaan saat peristiwa terjadi

Jika kamu sudah memahami sampai disitu, saya akan memberikan sebuah contoh paragraf narasi yang saya buat sendiri dibawah ini.

Contoh Paragraf Narasi Singkat

contoh paragraf narasi

Berikut ini beberapa contoh paragraf narasi singkat yang saya buat dan bisa dijadikan refrensi untuk kamu mengerjakan tugas.

1. Contoh Paragraf Narasi Tentang Anak Sebatang Kara

Disebuah hutan, hiduplah anak sebatang kara yang bernama joko, dia tinggal di sebuah gubuk tua yang sudah reyot, dan untuk makan sehari-hari ia berburu binatang atau ikan di sungai. Namun pada suatu hari anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan ingin berburu juga.

Lalu setelah berburu, jokopun di ajak kerumah sang saudagar kaya dan ia bercerita tentang kehidupannya di tengah hutan sebatang kara, sehingga sang saudagar merasa kasihan lalu joko dijadikan sebagai anak angkatnya.

Contoh di atas menceritakan joko yang hidup sebatang kara di hutan lalu bertemu dengan saudagar kaya yang merasa kasihan kepada joko dan ingin menjadikan joko sebagai anak angkatnya.

Baca juga: Contoh Paragraf Campuran

2. Contoh Paragraf Narasi Pendek

Hari minggu adalah hari yang melelahkan bagiku. Jika di pagi hari banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi untuk jalan-jalan bersama temannya, Tidak berlaku bagiku.

Pukul 5 pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak dan setelah itu aku harus menemani adik-adik ku bermain sampai mereka lelah tertidur.

Teks di atas menceritakan bedanya diri sendiri terhadap orang lain yang lebih mementingkan keluarga dari pada ego diri sendiri.

3. Contoh Paragraf Narasi Tentang Kehidupan

Aku terhanyut dalam lamunan di dalam bis transportasi. Sepertinya, aku harus duduk sebentar untuk istirahat. Kasihan kakiku yang mulai gemetaran. Mungkin, ia telah menemaniku berjalan lama. Seharian aku berkeliling untuk berdagang. Aku berjualan menjajakan air minum di dalam bis transportasi umum jurusan Bekasi- Jakarta kota.

Biasanya, Jika penumpang penuh berdesak-desakan dan sesak. Bis ini lebih mirip kandang sapi daripada sarana transportasi. Bau tak sedap bertebaran dimana-mana. Keringat mengucur karena panas yang begitu terasa, tenggorokan pun kering. Di situlah letak-keberuntunganku: dagangan laku keras dan aku bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Teks di atas menggambarkan seorang tokoh yang harus bersusah payah menjalani kehidupannya.

4. Contoh Paragraf Narasi Tentang Pencapaian

Andrea Hirata dilahirkan disebuah desa yang termasuk desa miskin. Letak desa tempat ia lahir berada di pelosok pulau belitong. Keterbatasan yang ia alami sewaktu kecil cukup mempengaruhi kehidupan pribadinya. Dari keterbatasan di sekelilingnya, ia banyak mendapatkan motivasi dalam menjalani hidup.

Ia memiliki bakat menulis cerita. Kemampuan menulisnya mampu menghasilkan novel terbaik yang banyak orang baca pada jamannya. Bahkan beberapa karya novelnya diangkat menjadi cerita film layar lebar. Berkat hasil karyanya, ia menjadi banyak dikenal orang.

Nama Andrea hirata sebenarnya bukanlah nama pemberian asli yang diberikan kedua orang tuanya. Orangtuanya memberi nama Gibran Rizky Alghifari ketika ia lahir. Ia mengganti nama pemberian orang tuanya dengan Wadhud.

Teks di atas menceritakan sebuah tokoh yang lahir di desa miskin dengan segala keterbatasan dilingkungan membua ia termotivasi untuk menuliskan kisah-kisahnya kedalam novel.

5. Contoh Paragraf Narasi Tentang Hari Spesial

Selasa kemarin menjadi hari yang sangat istimewa dan tidak bisa terlupakan bagi Angel, karena ia mendapatkan kejutan dari pacarnya sony. Sebelumnya ia sudah curiga pada pacarnya karena sikap pacarnya yang aneh dan seperti menyembunyikan sesuatu. Benar saja, pacarnya memberikan kejutan kepada Angel berupa boneka kesukaan Angel.

Teks di atas menceritakan seseorang yang sedang bersenang hati di hari yang spesial dan tidak terlupakan, karena orang tersebut mendapati hadiah dari kekasihnya.

6. Contoh Paragraf Narasi Panjang Tentang Hari Senin

Hari senin si monster day yang menakutkan bagi kebanyakan orang, Hal itu juga berlaku bagiku. Banyak kegiatan yang harus dilakukan. Tak ada jeda waktu yang bisa dinikmati dengan baik. Orang-orang sibuk dengan kegiatannya masing-masing, begitu pula denganku.

Tepat pukul 6 pagi suara berisik dari jam weker sudah berhasil membangunkanku. Setelah terbangun yang kulakukan adalah mengumpulkan kesadaranku. Sedikit melakukan peregangan otot yang kaku, Kemudian aku langsung beranjak ke kamar mandi untuk membersihkan diri dan mulai bersiap untuk memulai aktivitas yang padat.

Sarapan menjadi hal pertama yang kulakukan setelah keluar dari kamar tidurku. Berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan umum, berdesak-desakan dengan penumpang lain membuat suasana hatiku naik turun. Tiba di sekolah bel tanda upacara sudah berdering. Aku segera berlari ke lapangan sesudah menyimpan tas ku di kelas.

Suasana hati yang sedikit memburuk tadi diperparah dengan pembina upacara yang terus berbicara ditengah panas matahari yang membakar kulit. Selesai upacara aku dan teman-temanku segera kembali ke kelas. Setia di kelas tak berselang lama guru matematika ku sudah datang dan langsung membuka pelajaran kami dengan sebuah kuis yang memeras otak. Dan satu yang ku sadari kegiatan melelahkan lainnya masih menungguku.

Teks diatas menceritan seseorang dan hari senin yang memiliki banyak aktifitas padat, dimana setelah hari libur, ke-esokan harinya harus melakukan aktivitas-aktivitas yang cukup banyak.

Cara Membuat Paragraf Narasi

Buatlah paragraf narasi berbentuk biografi sederhana bertajuk narasi kehidupan temanmu. Caranya sebagai berikut:

  • Pilihlah salah seorang temanmu untuk kamu wawancarai
  • Tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kebiasaannya sehari-hari seperti hobi, cita-cita, tokoh yang dikagumi, film favorit dan lain-lain
  • Berdasarkan jawaban yang kamu dapat dari temanmu, buatlah narasinya
  • Berilah judul yang tepat untuk narasimu

Kesimpulan

Narasi atau disebut cerita, cerita yang didasarkan dari urutan kejadian dan peristiwa. Narasi bisa berisi sebuah fakta seperti biografi dan autobiografi. Narasi juga dapat berisi fiksi, seperti cerpen dan novel.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar