Fungsi Dari Kerajinan Bahan Lunak

Fungsi Dari Kerajinan Bahan Lunak, Kerajinan merupakan hasil buatan dari ketrampilan tangan dapat kita buat dengan memanfaatkan limbah-limbah yang ada disekitar kita. Bahan limbah diolah menjadi barang yang layak untuk dijual sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Terdapat 2 jenis limbah yaitu

Limbah organik.

Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan sedangkan limbah anorganik adalah limbah yang tidak bisa diuraikan. Contoh limbah organik adalah sayuran, buah-buahan, daun kering dan lain-lain. Contoh limbah anorganik adalah plastik, botol minuman, kaleng dan lain-lain. Untuk limbah organik atau pun limbah anorganik yang akan digunakan untuk pembuatan kerajinan dapat dipilah-pilah terlebih dahulu yang masih memiliki kondisi baik dan dapat didaur ulang menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual.

Kerajinan bahan limbah lunak adalah kerajinan yang berasal dari limbah lunak, yakni produk sisa industri yang bersifat lembut, empuk, dan mudah dibentuk. Contoh limbah yang bersifat lunak adalah kulit buah, kulit sayur, kertas, plastik dan lain-lain. Terdapat 2 fungsi produk kerajinan limbah bahan lunak yaitu sebagai benda pakai dan sebagai benda hias:

  1. Sebagai Benda Pakai

Segala jenis kerajinan yang digunakan sebagai pelengkap busana kita seperti untuk alat, wadah atau dikenakan sebagai pelengkap saja. Oleh karena itu, kerajinan ini cenderung mengutamakan fungsinya sebagai beda pakai, selain itu juga memiliki fungsi sebagai unsur keindahan. Contoh karya kerajinan sebagai benda pakai adalah sandal, tikar, topi, dompet, dan sebagainya.

  1. Sebagai Benda Hias

Segala jenis kerajinan yang digunakan sebagai pajangan untuk hiasan sehingga meningkatkan unsur estetis dan estetikanya. Oleh karena itu, jenis kerajinan ini mengutamakan unsur keindahannya dari pada unsur kegunaannya. Contoh karya kerajinan sebagai benda hias adalah vas bunga, korden, hiasan dinding dan lain-lain.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar