Jurusan Ekonomi Pembangunan

Jurusan Ekonomi Pembangunan

Program studi ini sangat berpeluang dalam mewujudkan pembangunan negara Indonesia di masa yang akan datang. Yang mana Jurusan Ekonomi Pembangunan bisa menjadi program study yang tepat buat kita yang memiliki minat dan bakat di bidang pelajaran hitungan, serta minat untuk mempelajari ekonomi. Selain banyak hitungan program study ini juga menganalisa angka-angka menjadi kurva juga mempelajari data-data statistik.

Jurusan Ekonomi Pembangunan
Jurusan Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu Ekonomi yang khusus mengkaji persoalan-persoalan pembangunan baik itu dari sektor bisnis, keuangan, ataupun perbankan. Dan jika kamu berminat untuk kuliah di jurusan ekonomi pembangunan, kamu akan berkutat dengan analisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Menarik banget kan? Di program studi ini, kamu dipersiapkan menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi yang tentunya juga turut berperan dalam pembangunan negara dan berkontribusi untuk terciptanya kesejahteraan bersama.

Pengetahuan dan Keahlian

Kemampuan analisis

Kemampuan komunikasi

Kemampuan logika dan matematika dasar

Kemampuan deskripsi

Kemampuan meneliti

Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Ekonomi Pembangunan.

1. Dengan modal keahlian yang dimiliki lulusan ekonomi pembangunan, cenderung menjalankan tugas pada pengkajian strategik di suatu organisasi.

2. Mampu menganalisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

3. Lulusan ekonomi pembangunan dapat bekerja di sektor pemerintahan maupun sektor swasta.

4. Bagi kamu yang suka matematika, akan sangat bermanfaat karena dapat mengimplementasikan konsep matematis dalam pendekatan permasalahan-permasalahan ekonomi pembangunan secara langsung.

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan sangat beragam, karena kampir semua jenis usaha atau bisnis membutuhkan pendekatan strategis dari seorang yang memahami isu ekonomi pembangunan lho! Terlebih lagi dunia bisnis selalu bergerak dinamis seiring dengan meningkatnya pembangunan yang terjadi.

Oleh karena itu, selalu ada peluang yang bisa dimanfaatkan dalam setiap pergerakan ekonomi dunia, dan para ahli ekonomi pembangunan selalu memiliki sudut pandang yang dapat dijadikan acuan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Beberapa prospek kerja yang bisa digeluti adalah berperan sebagai tenaga ahli pada berbagai instansi, baik di pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga non profit, lembaga penelitian, atau organisasi publik. Beberapa sektor yang bisa dipilih seperti keuangan, perbankan, teknologi, lingkungan, energi, dll.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Akuntan

Trend Analyst

Dosen

Ekonom

Research And Development (RnD)

Jurusan Ekonomi Pembangunan Dunia Perkuliahan

Kuliah di jurusan Ekonomi Pembangunan bisa kamu selesaikan dalam 8 semester dengan skripsi sebagai tugas akhirnya. Dan setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi. Kepekaan terhadap kondisi ekonomi nasional bisa menjadi modal dasar kamu untuk menganalisis berbagai permasalahan ekonomi mulai dari pertumbuhan sektor industri, ekspor dan impor, investasi domestik, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan erat dengan kegiatan perekonomian nasional.

Selama kuliah juga nantinya kamu akan bertemu dengan mata kuliah terapan ekonomi diberbagai sektor, antara lain manajemen perbankan, valuasi korporat, ekonomi internasional, ekonomi pertanian, ekonomi kependudukan, ekonomi transportasi, dan masih banyak lagi. Jika kamu berminat kuliah di jurusan ini, ada beberapa universitas dan sekolah tinggi yang menyediakan jurusan tersebut.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar