Jurusan Software Engineering

Jurusan Software Engineering

Dunia teknologi dari tahun ke tahun semakin dasyat, dimana perkembangannya sangat pesat dan dunia teknologi ini tidak lepas dari kehidupan kita sehari hari. Melihat apa yang terjadi saat ini, dapat dibayangkan apa yang mungkin dapat terjadi di masa nanti. Contoh dalam kita berkomunikasi, jarak yang jauhnya tidak lagi menjadi persoalan. Jauh nanti yang akan datang komunikasi jarak jauh akan dilakukan dengan hologram tiga dimensi yang begitu nyata.

Jurusan Software Engineering
Jurusan Software engineering

Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan  manusia akan mulai dikerjakan oleh robot yang bekerja secara otomatis dan mampu belajar dari pengalamannya sehingga mampu mengkoreksi kesalahan yang ada. Teknologi komputer pun akan berkembang dengan pesat. Komputer masa depan akan mampu merespon tindakan-tindakan manusia dan memahami bahasa manusia. Begitu juga dengan Teknologi Software Engineering.

Yang dimaksud Jurusan Software Engineering adalah:

Jurusan software engineering ini merupakan jurusan yang membahas detail tentang perkembangan perangkat lunak. Yang mana nantinya kamu akan mempelajari banyak hal tentang desain, analisis algoritma, dan pemrograman. Selain tersebut juga akan di pelajari dan belajar menggunakan struktur data yang tepat saat mengoperasikan dan mengaplikasikan sebuah website.

Sedangkan untuk Mata Kuliah yang nantinya di pelajari di Jurusan Software Engineering diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Algoritma komputer, sering di sebut Algoritma pemprograman adalah langkah penyelesaian suatu permasalahan yang menghasilkan sebuah solusi dalam bentuk program komputer. Algoritma memiliki peran yang sangat penting dalam ilmu Komputer. Bahkan algoritma dapat dikatakan sebagai jantung komputer.
  2. Design, orang yang membuat beberapa HTML dan CSS, mungkin sedikit JavaScript
  3. Coding, adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer
  4. Website aplikasi, Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web (bahasa Inggris: web application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Software Engineering, Lulusan jurusan ini dapat berperan pada berbagai sektor industri melalui beberapa jenis profesi. Salah satu profesi yang bisa dijalani yakni menjadi analis sistem komputer. Tugasnya berkaitan dengan proses analisis sistem perusahaan. Selain itu, bisa juga mengembangkan produk atau analisis model bisnis, contoh:

1. Web development
2. Automotive software engineer
3. Embedded systems engineer
4. Application software developers
5. Software engineering

6. Programmer

7. Web Designer

8. System Analyst

9. IT Consultant

10.Database Engineer

11.IT Executive

12.Network Administrator

13.Network Support Engineer

Kampus dengan Jurusan Software Engineering, Berikut beberapa Perguruan Tinggi yang membuka Prodi Teknik Informatika dengan akreditasi A di Indonesia:

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Universitas Negeri Padang

Universitas Telkom

Universitas Islam Indonesia

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Universitas Negeri Semarang

Universitas Mercu Buana

Universitas Hasanuddin

Universitas Pancasila

Universitas Teknologi Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Gunadarma

Universitas Presiden

Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Bina Nusantara

Universitas Kristen Petra

Universitas Sebelas Maret

Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur

Stmik Pranata Indonesia

Universitas Esa Unggul

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar