Layanan Bimbingan Konseling

Layanan Bimbingan Konseling

Bimbingan dan Konseling atau yang di kenal para siswa didik adalah BK, tersebut adalah sangat penting di sekolah. Kedudukan dan fungsi dari BK adalah membantu dan melayani peserta didik untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan baik secara individu maupun kelompok yang terjadi pada peserta didik.

Layanan Bimbingan Konseling

Semua permasalahan/kesulitan peserta didik yang dimaksud berkaitan dengan permasalahan dalam pembelajaran, sosialisasi, pergaulan, tata  krama, karakter, kepribadian.  perkembangan remaja, informasi dan lain-lain.

Oleh sebab itu, guru bimbingan dan konseling sedikitnya harus melakukan 10jenis layanan dalam satu tahun yang dijabarkan lagi kedalam beberapa topik yang berkaitan dengan permasalahan saat inikemudia dituangkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL).Adapun 10 layanan yang harus dilaksanaka n guru BK adalah sebagai berikut:         

1.         Layanan Orientasi, Layanan orientasi merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik memahami lingkungan baru,terutama lingkungan sekolah,budaya sekolah, ruang lingkup yang dipelajari untuk mempermudah dan memperlancar perannya sebagaipeserta didik dilingkungan yang baru.

Tujuan layanan orientasiadalah agar peserta didik dapat beradaptasidan menyesuaikan diri Tujuanlayanan orientasiadalah agar peserta didik dapat beradaptasidan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru secara tepat dan memadai, berfungsiuntuk pencegahan dan pemahaman.

Layanan Bimbingan Konseling

2.         Layanan lnformasi, Layanan informasi adalah layanan yang memungkinkan peserta didik menerima dan memamahami berbagai imnformasi seperti : informasi diri,sosial, belajar,pergaulan .karier, pendidikan lanjutan.

Tujuanlayanan informasi adalah membantu peserta didik agar dapat mengambil keputusan secara tepat tentang sesuatu. dalam bidang pribadi,sosial,belajarmaupun karier berdasarkan informasiyang diperolehnya yang memadai. Layanan informasiinij uga berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman.

3.         Layanan Pembelajaran, Layanan pembelajaran merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam mengusai materi belajar atau penguasaan kompetensi yang cocok dengan kecepatan dan kemempuan dirinya serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.

Tujuanlayanan pembelajaran  adalah  agar peserta didik dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik produktif. Layanan ini berfungsi untuk pengembangan.

4.         Layanan Penempatan dan Penyaluran, Layanan penempatan dan penyaluran merupakn layanan yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar. jurusan/program studi. programn latihan, magang,kegiatan kokurikuler/ekstrakurikuler sesuai dengan potensi, bakat. minat serta kondisi pribadinya Tujuan lavanan ini aqar peserta didik dapat mengembangkan segenap bakat. minat. dansegenap potensi lainnya. Layanan penempatan dan penyaluran bertungsi untuk pengembangan.

5.         Layanan Penguasaan Konten, Layanan penguasaan konten merupakan layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu,terutama kompetensi dan kebiasaan yang berguna dalam kehidupan disekolah, keluarga. dan masyarakat.

6.         Layanan Konseling Perorangan, Layananan konseling perorangan merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik mendapatkan layanan langsung tatap muka secara perorangan dengan guru BK untuk membahas dan mengentaskan permasalahan yang dihadapinya dan perkembangan dirinya.

Tujuanlayanan perorangan ini adalah agar peserta didik dapatr dapat mengentaskan masalah yang dihadapinya . Layanan ini berfungsi untuk pengentasan dan advokasi.

7.         Layanan Bimbingan Kelompok, Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melaluidinamika kelompok memperoleh bahandan membahas pokok bahasan tertentu yang menunjang pemahaman dan pengembangan kemampuan sosial,baik secara individu maupun sebagai pelajar , kegiatan belajar ,karir/jabatan,serta untuk

pengambilan keputusan atau tindakan tertentu melalui dinamika kelompok. Layanan ini berfungsi untuk pemehaman dan pengembangan.

8.         Layanan Konseling Kelompok, Layanan konseling kelompok merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik (masing­ masing anggota kelompok) memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi melaluidinamika kelompok.

Masalah yang dibahas itu adalah masalah-masalah pribadiyang dialami oleh masing-masing anggota kelompok. Laya nan konseling kelompok berfungsi untuk pengentasan advokasi.

9.         Layanan Konsultasi, Layanan konsultasi merupakan layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman,dan cara-cara yang perludilaksanakan dalam menangani kondisi dan masalah peserta didik.

Pengertian konsultasi yang dimaksud adalah sebagai proses penyediaan bantuan teknis untuk konselor,orang tua. administrator dan konselor lainnya dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang membatasiaktivitas peserta didik atausekolah konseling atau fisioterapi sebab konsultasi tidak merupakan layanan yang lansung ditujukan kepada klien, tetapi secara tidak langsung melayani klien melaluibantuan yang diberikan orang lain.

10.       Layanan Mediasi, Layanan mediasi merupakan layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan ataupun perselisihan dan memperbaikihubungan antar peserta didik dengan konselor sebagai mediator.

Layanan-layanan di a as dapat dijabarkan ke bentuk-bentuk layanan yang lebih konstektual kemudian disusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) seperti :

-RPL : Menyontek penyebab dan solusinya

-RPL : Pilihan karir setelah lulus SMSA

-RPL : Kepribadian manusia

-RPL : Membimbing persahabatan sejati

-RPL :Profesipekerjaan dalam meningkatkan taraf hidup

-RPL : Profesipekerjaan dalam meningkatkan taraf hidup

-RPL : Kenakalan remaja dan cara menghindarinya

-RPL : Komunikasi efektif

-RPL : Kesehatan reproduksiremaja

-RPL : Bahaya narkoba dan dampaknya

-RPL :Kiat sukses studi lanjut ke perguruan tinggi

-RPL : Etika pergaulan dengan teman sebaya

-RPL : Sikap sopan santun dalam kehidupan

-RPL : Perilaku sosialyang bertanggungjawab

-RPL:Kiat sukses masuk dalam dunia kerja

-RPL:Mental Disorder

Dan banyak lagi kondisi seperti sekarang yang perlu bantuan terhadap peserta didik dalam memenuhi pertumbuhan dan perkembangan yang membutuhkan layanan dari guru bimbingan konseling.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar