Pengertian Literatur: Jenis, Fungsi dan Manfaat Literatur

Mungkin sebagian besar masyarakat sudah tidak asing lagi dengan istilah literatur terutama bagi yang berkecimpung dalam dunia penelitian. Meskipun begitu, tidak sedikit pula orang yang masih bingung perihal apa itu literatur sebenarnya.

Biasanya orang-orang yang hobi melakukan penelitian dan menyusun karya tulis ilmiah tentu memerlukan literatur ini. Dan biasanya orang mengenal literatur ini sebagai bahan bacaan atau referensi yang berasal dari buku atau jurnal ilmiah.

Pengertian Literatur

Literatur adalah suatu rujukan yang berguna untuk mendapatkan berbagai informasi secara lengkap dari buku atau jurnal karya ilmiah. Atau memiliki pengertian lain sebagai bahan bacaan yang berguna untuk berbagai kegiatan yang bersifat rekreasi atau intelektual.

Jenis-Jenis Literatur

Secara umum, pengertian dari Literatur ini mudah untuk Anda pahami dan mungkin sudah sering melakukannya. Selain itu, Anda juga harus tahu jenis-jenis dari literatur yang biasanya orang pergunakan dalam berbagai aktivitas pendidikan dan lainnya.

Literatur

Berikut jenis-jenis literatur yang biasanya dijadikan refrensi oleh banyak orang:

  1. Buku
  2. Internet
  3. Database
  4. Dokumentasi
  5. Koran/Majalah
  6. Dokumentasi
  7. Skripsi

Berdasarkan Sifatnya

Jenis literatur ternyata tidak hanya terbagi dalam satu atau dua jenis saja, melainkan memiliki pengelompokannya sendiri. Yang pertama jenis berdasarkan sifat, untuk literatur berdasarkan sifatnya terbagi menjadi 3 jenis berikut:

  1. Dokumen Tekstual:
    Literatur atau bahan bacaan yang menjadi rujukan dan berasal dari buku atau jurnal terbagi sesuai sifatnya. Jenis yang pertama adalah dokumen tekstual atau dokumen berisi informasi dalam bentuk teks sehingga dapat dibaca oleh penggunanya.
  2. Dokumen Non-Tekstual:
    Literatur jenis ini berisi informasi dalam bentuk foto, gambar, atau suara.
  3. Dokumen Campuran:
    Tidak hanya terdapat jenis tekstual dan non tekstual saja, literatur berdasarkan sifatnya juga terdapat jenis campuran. Jenis literatur yang satu ini memuat informasi dengan berbagai bentuk, baik teks, foto, gambar, serta suara sehingga lebih jelas.

Jenis Berdasarkan Tingkat Kedalaman Analis

Menjadi rujukan atau bahan bacaan untuk menyusun karya tulis ilmiah, tentu jenis literatur ini cukup beragam. Selain menggunakan jenis literatur berdasarkan sifatnya, Anda juga bisa menemukan jenis literatur berdasarkan tingkat kedalaman analisisnya.

  1. Literatur Primer
    Jenis literatur berdasarkan tingkat kedalaman analis tidak kalah menarik, seperti jenis yang pertama yang bernama literatur primer. Literatur satu ini terbuat dari  hasil penelitian, namun isinya belum pernah beredar atau terpublikasi sama sekali.
  2. Literatur Sekunder dan Tersier
    Literatur sekunder tersusun atas isi dari literatur primer dan ide-ide di dalam jenis literatur satu ini tidak menjelaskan perihal temuan baru. Sedangkan ada juga jenis tersier yang berisi informasi berupa petunjuk untuk memperoleh literatur sekunder.

Jenis Berdasarkan Lokasi Penempatan Koleksi

Adapula penggolongan literatur berdasarkan lokasi penempatan koleksinya, penggolongan jenis satu ini juga tidak kalah menarik. Untuk jenis literatur berdasarkan lokasi penempatan koleksinya terbagi menjadi dua jenis, yaitu koleksi referensi dan umum.

  1. Koleksi Referensi
    Jenis literatur koleksi referensi ini memuat informasi yang dapat menjawab pertanyaan secara langsung. Contoh jenis literatur ini antara lain kamus, buku pedoman, dan lainnya.
  2. Koleksi Umum
    Koleksi umum terdiri dari berbagai macam buku untuk kalangan orang dewasa. Penempatan jenis literatur satu ini biasanya bebas dan di rak terbuka sehingga siapapun bisa menjadikan sebagai bahan bacaan.

Fungsi Literatur

  1. Untuk dapat membantu penggunanya dalam mencari suatu informasi
  2. Memperkuat informasi yang dihasilkan dari suatu analisis
  3. Untuk melengkapi informasi ataupun informasi tambahan

Manfaat Literatur

  1. Mendukung Aktivitas dalam penelitian
  2. Memberikan informasi dan penjelasan langsung yang akan di ketahui
  3. Mencari informasi yang relevan dengan masalah yang akan di analis
  4. Mengkaji teori dasar yang relevan dengan masalah yang akan di teliti
  5. Membantu pengguna dalam mencari sebuah informasi

Demikian penjelasan singkat terkait pengertian apa itu literatur hingga mengenal jenis-jenis literatur yang beragam. Selain tidak asing di telinga, Anda lebih bisa membedakan jenis-jenis literatur sesuai jenisnya dan menggunakan secara lebih tepat.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar