Pengertian Virtualization Technology Beserta Manfaatnya

Virtualization Technology

Dalam dunia yang serba maju ini, ada berbagai macam jenis teknologi yang sudah dikembangkan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu yang paling berdampak adalah kehadiran komputer. Hadirnya komputer adalah tonggak awal perkembangan dunia IT.

Saat ini, IT sudah sangat maju dengan berbagai  kecanggihan teknologinya. Tentu saja, itu juga berpengaruh terhadap kebutuhan server yang semakin tinggi. Di sisi lain, sumber daya perangkat server sangatlah terbatas karena hanya bisa digunakan dengan satu sistem operasi dalam satu waktu.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut muncullah teknologi bernama Virtual Technology Virtual Technology atau Teknologi Visual yang dapat melakukan suatu pekerjaan dalam sistem operasi yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas apa itu Virtualization Technology secara mendalam. Jadi, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Virtualization Technology

Virtualization Technology merupakan sebuah teknologi yang dapat mensimulasikan sebuah teknologi secara virtual dengan hanya menggunakan satu komputer saja. Dalam pengaplikasiannya, Virtual Technology ini menggunakan software (perangkat lunak) untuk membuat gambaran virtual di atas hardware komputer.

Lalu, gambaran virtual tersebut bisa dibagikan ke beberapa komputer virtual lainnya. Hal ini disebut sebagai VM (Virtual Machine). Sederhananya, kita manusia (pengguna) dapat menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus menggunakan satu komputer saja. Contoh dari Virtual Teknologi ini seperti server, sistem operasi, internet, jaringan, dan penyimpanan.

 Virtual Technology
Virtualization Technology

Untuk komputer atau laptop saat ini, biasanya sudah terpasang fitur Virtual Technology di dalamnya. Pada Intel, fitur Virtual Technology diberi nama Intel VT-X, sedangkan pada AMD bernama AMD-V. Selain digunakan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan, Virtual Technology juga support untuk Cloud Computing (Komputasi Awan).

Kami sebelumnya telah menyebutkan bahwa Virtualization Technology ini menghasilkan yang namanya Virtual Machine atau Mesin Virtual dalam sebuah perangkat. Perangkat yang dimaksud adalah PC atau Laptop.

Jadi, di dalam laptop atau PC yang sudah memiliki Virtualization Technology, pengguna bisa memasang sistem operasi lain melalui pihak ketiga. Contoh mudahnya adalah emulator android seperti Bluestack, Memu Player, dan lain-lain.

Penerapan Virtualization Technology

Virtualization Technology sangat berguna dalam industri IT, khususnya untuk pengembangan sistem operasi, software, dan game. Melalui Virtualization Technology ini, para developer bisa menguji coba terlebih dahulu produk yang dibuat dengan melakukan instalasi pada virtual mesin.

Tujuan akhir dari pengujian tersebut adalah untuk mengetahui seberapa lancar sistem, software, atau game yang dibuat pada spesifikasi hardware tertentu. Beberapa contoh aplikasi emulator yang dapat dijalankan dalam Virtual Machine melalui Virtualization Technology adalah:

  1. Windows Sandbox yang ada di Windows 10
  2. PCSX2 (PlayStation 2) untuk Windows
  3. Emulator Os Android seperti Memu Player, Bluestack, Nox Player, dan lain-lain

Sebelum kamu menggunakan Virtualization Technology  ini, pastikan laptop atau komputer kamu sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Manfaat Virtualization Technology

Manfaat dari teknologi virtual sangatlah banyak sekali. Dari manfaatnya yang banyak tersebut, setidaknya ada tiga manfaat utama yang dapat dimaksimalkan oleh pengguna, berikut adalah daftarnya:

  • Menghemat Sumber Daya
    Satu CPU hanya dapat menjalankan satu server. Meski begitu, hal ini dapat dimaksimalkan dengan menjalankan beberapa aplikasi sesuai dengan VM dan OSnya masing-masing. Jadinya, dengan satu CPU ini, kita bisa memaksimalkan kemampuan komputasinya.
  • Manajemen Yang Mudah
    Software bisa menentukan VM terbaik untuk mengganti VM yang lama. Ini akan mempermudah pengguna untuk menggunakan dan mengelola.
  • Mengurangi Downtime
    Resiko terjadinya downtime bisa dikurangi.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Virtual Technology yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. 

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

2 pemikiran pada “Pengertian Virtualization Technology Beserta Manfaatnya”

  1. You ϲan definitely see your expertise in the article you write.
    The world hopeѕ foг moгe passionate writers like you who are not afraid to say һow they ƅelievе.
    At all times go after youг heart.

    Balas

Tinggalkan komentar