Profil Pelajar Pancasila: Pengertian dan 6 Dimensi Penyusunnya

Profil Pelajar Pancasila merupakan program pengembangan karakter yang terdapat di dalam kurikulum merdeka belajar. Pengembangan karakter siswa yang berdasarkan Pancasila diharapkan menciptakan pelajar dengan karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia yang telah dibuat oleh para pendiri bangsa ini. Di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan secara seksama sebagai cita-cita luhur negara Indonesia. Penerapan ideologi Pancasila kepada para siswa bertujuan untuk mempertahankan karakter Pancasila itu sendiri di tengah gempuran dunia modern yang serba cepat ini.

Maka dai itu, pemerintah melalui Kemdikbud mengeluarkan program Profil Pelajar Pancasila ini untuk membentuk karakter siswa yang Pancasilais sejak dini. Sebenarnya, seperti apa sih pengertian dari pelajar Pancasila ini?

Nah, untuk itu, kesempatan kali ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai apa sih sebenarnya pelajar Pancasila itu dan apa saja dimensi peyusunnya. Jika ingin tahu lebih mendalam, sebaiknya Anda harus simak artikel ini sampai habis.

Apa Itu Profil Pelajar Pancasila?

Berdasarkan Wikipedia, Profil Pelajar Pancasila merupakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang sudah disusun secara terpadu dalam bentuk deskripsi yang terbagi ke dalam enam dimensi yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, dilansir dari laman Kemdikbud, profil pelajar Pancasila adalah sejumlah karakter dan kompetensi yang telah dibuat sedemikian rupa berdasarkan nilai-nilai luhur pancasila. Diharapkan para peserta didik mampu meraih standar kompetensi yang telah dibuat tersebut.

Dalam menjadi pelajar Pancasila, ada enam karakter yang harus dimiliki oleh siswa, diantaranya adalah:

  1. Beriman
  2. Mandiri
  3. Bernalar Kritis
  4. Berkebinekaan Global
  5. Bergotong Royong
  6. Kreatif

Selain menerapkan enam poin di atas, seorang pelajar Pancasila harus memiliki pemikiran untuk belajar hal-hal baru yang sifatnya positif. Belajar untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri sendiri serta bersikap reflektif dengan tujuan bisa ikut serta dalam membangun bangsa, negara dan dunia.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, sebagai pelajar Pancasila setidaknya ada enam hal pokok sebagai dimensi peyusunnya. Keenam hal ini berpegang teguh kepada nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila. Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
    Dimensi yang pertama yaitu para siswa harus memiliki sikap untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta didukung dengan akhlak yang mulia. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui. Dan para siswa diharapkan mampu menerapkan setiap ajaran positif yang terdapat di dalam agamanya masing-masing.
  2. Berkebinekaan Global
    Indonesia adalah negara yang memiliki banyak perbedaan, diharapkan para pelajar atau siswa memiliki sikap untuk saling menghargai perbedaan, baik budaya, agama, dan identitas. Sikap ini tidak hanya dimiliki oleh siswa dalam skala nasional saja, namun dapat diterapkan secara global dan dunia.
  3. Gotong Royong
    Karakter gotong royong haruslah dimiliki oleh seorang pelajar Pancasila. Gotong royong mengajarkan para pelajar untuk secara sukarela dan melakukan berbagai kegiatan bersama-sama. Sehingga, elemen-elemen bergotong royong seperti kolaborasi, kepedulian dan berbagai bisa tertanam kepada para siswa.
  4. Mandiri
    Pelajar Pancasila wajib memiliki sifat mandiri dalam proses pengembangan diri. Para pelajar Pancasila dapat bertanggung jawab atas proses dan hasil belajar yang telah dilakukannya selama ini. Hal penting yang perlu diperhatikan para pelajar dalam dimensi ini adalah kesadaran atas diri sendiri.
  5. Bernalar Kritis
    Di era informasi yang serba cepat ini, pentingnya memiliki nalar yang kritis, utamanya untuk pelajar Pancasila. Dengan memiliki pemikiran yang kritis, para pelajar akan mampu menyaring berbagai informasi yang datang secara objektif. Sehingga, mereka dapat membangun keterkaitan antara informasi satu dengan yang lain.
  6. Kreatif
    Banyak hal positif yang mampu dibuat oleh para pelajar dengan memanfaatkan kreatifitas yang dimiliki oleh para pelajar. Berpikir secara kreatif mampu menghasilkan sebuah karya yang orisinal, bermakna, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Manfaat Profil Pelajar Pancasila

Manfaat profil pelajar Pancasila banyak sekali, namun setidaknya ada tiga poin utama yang harus diperhatikan oleh para pendidik atau guru. Yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai alat untuk menyederhanakan tujuan dan visi pendidikan agar lebih mudah dipahami oleh seluruh pihak yang berkepentingan di dunia pendidikan
  • Sebagai kompas (penunjuk arah) bagi para pendidik dan pelajar Indonesia
  • Tujuan akhir dari segala proses pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan seluruh Indonesia

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan yang bisa kami paparkan mengenai pengertian dari Profil Pelajar Pancasila dan enam dimensi yang menjadi peyusunnya. Kami hanya berharap, pembahasan yang cukup singkat dapat menambah wawasan Anda semua yang sudah sudi untuk membaca sampai habis. 

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar