Rumus Volume Bola: Sifat, Unsur dan Cara Menghitungnya

Bola merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki bentuk bulat dan tidak memiliki rusuk seperti bentuk bangun ruang lainnya. Pasalnya, bola hanya terdiri dari titik pusat, diameter, serta jari-jari untuk menghitung rumus volume bola.

Bola tersusun dari lingkaran yang tidak terhingga yang memiliki jarak ke titik pusat yang sama antar lingkaran satu dan lainnya. Bola ini juga memiliki sifat dan unsur pembentuk yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum menghitung rumus.

Sifat Bola

Siapa yang tidak pernah melihat bola? Tentu semua orang pasti sudah pernah melihat bahkan menggunakan bola untuk beberapa aktivitas. Perlu Anda ketahui, bola tidak hanya berbentuk bulat tetapi juga memiliki sifat lainnya sebagai berikut:

  1. Bola memiliki jarak perhitungan dari seluruh titik yang terdapat pada permukaan bola ke dengan pusat bola yang sama
  2. Mempunyai bangun ruang yang simetris
  3. Bola memiliki lebih dari 1 titik
  4. Bola hanya memiliki 1 sisi dan 1 pusat titik
  5. Jarak antara pusat bola dan titik permukaan bola memiliki sebutan lain sebagai jari-jari atau r

Unsur bola

Bola termasuk jenis bangun ruang yang unik lantaran bentuknya yang bulat dan tidak memiliki rusuk tetapi simetris. Selain mengenal sifat dari bola, Anda juga perlu mengenal unsur yang membentuk bangun tuang satu ini.

Diameter

Diameter atau panjang panjang ruas garis yang menghubungkan dua titik pada permukaan bola dan melewati titik pusat bola.

Jari-jari

Unsur kedua yang membentuk bangun ruang bulat ini adalah jari-jari atau yang biasanya memiliki simbol r. Jari-jari ini merupakan setengah dari diameter atau garis penghubung dari titik pusat bola dengan titik pada permukaan bola.

Cara Mudah Menghitung Rumus Volume Bola

Dengan mengetahui sifat dan unsur pembentuk bola tentu akan lebih mudah untuk menghitung rumus nantinya. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk menghitung rumus volume pada bola sebagai berikut:

  1. Tulis persamaan terlebih dahulu untuk mulai menghitung rumus volume pada bangun ruang bulat satu ini. Persamaannya: V = 4/3πr³, V merupakan simbol untuk volume dan r simbol untuk jari-jari bola
  2. Selanjutnya, Anda harus mencari ukuran dari jari-jari bola dengan mengukur diameter dan membagi diameter menjadi dua. Dan ukuran setengah dari jarak dua titik permukaan tersebut yang menjadi ukuran jari-jari bola
  3. Kemudian pangkatkan tiga jari-jarinya, dengan cara mengalikan angka jari-jari sebanyak tiga kali. Misal jari-jarinya 3cm, maka Anda harus mencari 3³ dengan cara 3x3x3 dan hasilnya adalah 27
  4. Lalu kalikan hasil pangkat tiga dari jari-jari dengan 4/3 menggunakan rumus V = 4/3π.
  5. Setelah itu, kalikan persamaan tadi dengan π sebagai langkah akhir untuk menemukan hasil volume dari bola. Tulis satuan ukuran sebelumnya dan tulis hasil perhitungan dalam satuan kubik

Tips Menghitung Rumus

Menghitung rumus volume bangun ruang bulat seperti bola sebenarnya cukup mudah, namun jangan lupa untuk menggunakan satuan kubik. Persamaan tersebut juga berlaku untuk mencari volume dari setengah bola dengan mencari volume secara keseluruhan terlebih dahulu

Sekian penjelasan terkait cara menghitung rumus volume bola sebagai bangun ruang yang tidak memiliki tulang rusuk. Tidak hanya itu saja, Anda juga lebih paham tentang sifat dan unsur dari bangun ruang berbentuk bulat satu ini.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar