5 Contoh Paragraf Campuran dan Ciri-Cirinya

Untuk menyelesaikan soal tugas contoh paragraf campuran, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan paragraf campuran.

Contoh Paragraf Campuran

Paragraf campuran sendiri, merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di awal kalimat dan akhir kalimat. Biasanya paragraf ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni dengan adanya kalimat dibagian akhir berfungsi sebagai penegas dari isi paragraf tersebut.

Contoh Paragraf Campuran

Oleh sebab itu, biasanya antara kalimat induktif, deduktif, serta campuran dapat dibedakan dengan mudah meski terdapat dalam satu karya tulis. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh paragraf campuran dalam artikel ini.

Ciri-Ciri Paragraf Campuran

Paragraf campuran menjadi karya tulis yang memudahkan pembaca, menangkap maksud dari tulisan tersebut. Karya tulis ini juga memiliki ciri-ciri:

  • Mempunyai dua kalimat utama yang menjadi penegas paragraf, terletak di awal dan akhir kalimat.
  • Mempunyai kata kunci yang diulang dalam dua kalimat utama tersebut
  • Kalimat yang menjelaskan terletak diantara dua kalimat utama
  • Kalimat akhir berisi kesimpulan

Setelah mengetahui ciri-ciri dari paragraf variatif, selanjutnya saya akan mencontohkan paragraf campuran yang saya buat di bawah ini.

1. Contoh Paragraf Campuran Tentang Kehidupan

Dalam kehidupan ini, manusia tidak bisa terlepas dari komunikasi. Aktivitas apapun yang dilakukan dapat dipastikan mengguna sarana komunikasi. Baik menggunakan sarana modern seperti: ponsel atau menggunakan sarana sederhana seperti; berbicara dan surat. Peradaban atau kehidupan manusia tidak akan maju, tanpa adanya sarana komunikasi tersebut.

2. Contoh Paragraf Campuran Tentang Makhluk Hidup

Seluruh makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan air. Karena sebagian besar tubuh makhluk hidup tersusun oleh air dan membutuhkannya untuk bertahan hidup. Selain digunakan untuk minum, air juga sering digunakan kebutuhan industri dan pertanian. Tumbuhan membutuhkan air, supaya bisa tumbuh dan berkembang. Seluruh makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa air.

3. Contoh Paragraf Campuran Tentang Pendidikan

Terlihat siswa kelas 4 begitu rajin belajar sebelum menghadapi ujian 1 bulan mendatang. Semua siswa berkonsentrasi dan berusaha memahami pelajaran yang disampaikan oleh para guru. Sehingga kelas mereka terlihat lebih tenang, ketenangan tersebut bukan berarti sunyi senyap. Melainkan karena terlalu fokus dan timbul suara ketika melontarkan pertanyaan saja. Justru inilah yang membuat kelas terlihat hidup dan membuat para guru semakin bersemangat memberikan pelajaran. Suasana rajin belajar itu, diciptakan oleh siswa kelas 4 yang menuju hari ujian sebulan yang akan datang.

4. Contoh Paragraf Campuran Tentang Kesehatan

Jika kamu jarang mengosumsi sayur hijau, bisa berakibat fatal pada kesehatan. Kamu bisa rentan terkena penyakit, terkena anemia, kekurangan gula darah, bahkan kekurangan serat yang mengakibatkan timbulnya sembelit. Ternyata jarangnya mengonsumsi sayur hijau, mendatangkan berbagai masalah kesehatan.

5. Contoh Paragraf Campuran Tentang Penyakit

Gondongan termasuk salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, tanpa melakukan pengobatan. Timbulnya penyakit ini, diakibatkan oleh virus. Penderita perlu mendapatkan istirahat yang cukup, dan mendapatkan nutrisi serta gizi yang cukup untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Jika diperlukan, bisa diberikan obat pereda rasa nyeri. Berikan juga makanan lunak yang mudah dikonsumsi. Jadi, penyakit gondongan ini tidak memerlukan pengobatan, karena bisa sembuh dengan sendirinya.

Beberapa contoh paragraf campuran di atas bisa dijadikan sebagai contoh untuk membuat kalimat baru. Pastikan kalimat utamanya berada di bagian awal dan akhir kalimat, seperti yang sudah di garis bawahi. Dan gunakan bagian tengah untuk menjelaskan kalimat utama.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar