Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Dan Contohnya

70 / 100


Tujuan

Tujuan dari menyusun surat lamaran pekerjaan adalah untuk membuat sebuah dokumen yang mencerminkan kemampuan, keinginan dan kualifikasi Anda untuk pekerjaan yang Anda lamar. Sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal surat , lampiran dan perihal surat , alamat tujuan surat, salam pembuka surat, paragraf pembuka surat, inti surat, paragraf penutup, dan penutup salam.

Contohnya, Anda dapat menyusun surat lamaran sebagai berikut: “Yang Mulia, (Nama Perusahaan) Dengan hormat, saya mengajukan lamaran untuk posisi (posisi yang dilamar). Saya merasa bahwa kemampuan dan pengalaman saya akan membuat saya menjadi kandidat yang ideal untuk pekerjaan ini.

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan jika seseorang ingin melamar pekerjaan . Sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal surat , hal atau perihal surat , lampiran, salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf isi, paragraf penutup, dan tKamu tangan.

Tempat dan tanggal surat menunjukkan lokasi dan waktu dari surat lamaran pekerjaan yang diperlukan . Hal atau perihal surat merupakan hal yang menjadi alasan surat lamaran pekerjaan dikirim . Lampiran dapat berupa CV, foto, atau dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan.

Salam pembuka merupakan salam untuk membuka surat . Paragraf pembuka berisi posisi yang dilamar, alasan kenapa melamar pekerjaan, dan harapan untuk diterima. Paragraf isi merupakan bagian yang berisi data diri singkat, pendidikan, ketrampilan, pengalaman, dan keahlian.

Paragraf penutup berisi ucapan terima kasih dan harapan untuk dapat dipertimbangkan. TKamu tangan adalah tKamu tangan dari pembuat surat lamaran pekerjaan.

Halaman Pembuka

Dalam melamar pekerjaan, salah satu hal yang penting adalah membuat surat lamaran pekerjaan yang sistematis. Surat lamaran memiliki isi tertentu yang diatur dalam sistematika tertentu. Halaman pembuka surat lamaran kerja adalah halaman yang menyatakan salam dan mencantumkan nama posisi yang dilamar .

Halaman ini juga berisi alamat perusahaan atau agensi yang dilamar, tempat dan tanggal pembuatan surat , serta lampiran atau syarat lamaran. Contoh dari halaman pembuka surat lamaran kerja adalah sebagai berikut: “Dengan Hormat, Saya yang bertKamu tangan di bawah ini, nama, melamar pekerjaan di nama perusahaan sebagai posisi yang ditawarkan pada tanggal.
Saya menyertakan CV dan portfolio dalam surat ini.”

Isi Surat

Dalam bagian isi surat lamaran pekerjaan, pelamar harus menyajikan informasi tentang diri, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Pelamar juga harus jelas menyatakan alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu, pelamar juga harus menyebutkan apa yang bisa dia berikan kepada perusahaan. Setiap bagian dalam sistematika surat lamaran pekerjaan harus diisi dengan informasi yang jelas dan detail, agar pihak perusahaan dapat memahami dan memberikan respon yang lebih cepat.
Berikut adalah contoh sistematika surat lamaran pekerjaan:

1. Kepala Surat

2. Salam Pembuka

3. Paragraf Pembuka

4. Isi

5. Paragraf Penutup

6. Penutup

7. TKamu Tangan

Contoh: Kepala surat dapat berupa judul dan tanggal pembuatan surat .

Salam pembuka dapat berupa salam yang sopan atau formal. Paragraf pembuka berisi pengenalan diri dan alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut. Isi surat berisi informasi tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.

Paragraf penutup berisi saran dan harapan terkait pekerjaan yang dilamar. Penutup berupa salam penutup dan pengucapan terima kasih. TKamu tangan berisi tKamu tangan dan nama pelamar.

Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan adalah salah satu bagian yang penting dari sebuah surat lamaran . Ini adalah bagian dimana Anda dapat menyatakan minat Anda untuk bergabung dengan perusahaan dan menjelaskan secara singkat tentang pengalaman dan kualifikasi Anda.

Sistematika surat lamaran pekerjaan harus terstruktur dengan baik dan harus berisi salam pembuka , paragraf pembuka, paragraf utama, dan paragraf penutup. Anda harus menggunakan bahasa yang sopan dan menyampaikan informasi dengan jelas untuk menarik perhatian perekrut.

Contohnya, paragraf pembuka dapat dimulai dengan menyatakan minat Anda untuk bergabung dengan perusahaan dan menjelaskan secara singkat mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

Paragraf Pernyataan

Paragraf Pernyataan umum dalam surat lamaran pekerjaan adalah bagian penting yang harus diperhatikan. Pada paragraf ini, kandidat harus menyampaikan tujuan, alasan, dan harapan mereka mengajukan diri untuk melamar pekerjaan .

Dalam sistematika surat lamaran pekerjaan , paragraf pembuka ini berisi salam, identitas diri, dan tujuan pengiriman surat. Contohnya, ‘Dengan hormat, saya (nama lengkap) mengajukan diri untuk melamar pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di perusahaan Anda.

Paragraf Perkenalan

Salam, Saya ingin melamar pekerjaan di perusahaan Anda. Saya yakin saya dapat berkontribusi dengan baik dalam pekerjaan yang ditawarkan. Selain itu, saya juga memiliki sistematika surat lamaran yang baik dan contohnya yang dapat saya gunakan untuk menarik perhatian pihak perusahaan.

Surat lamaran pekerjaan saya memiliki bagian-bagian yang jelas, mulai dari paragraf pembuka, paragraf perkenalan, paragraf keahlian, hingga paragraf penutup. Di dalam paragraf pembuka, saya menyatakan salam yang tepat sesuai bahasa yang digunakan oleh perusahaan tersebut.

Pada paragraf perkenalan, saya menjelaskan latar belakang pengalaman dan keahlian saya yang cocok dengan posisi yang ditawarkan perusahaan. Di paragraf keahlian, saya menjelaskan alasan mengapa saya cocok dengan posisi tersebut, serta keunggulan yang saya miliki di bidang tersebut.

Terakhir, di paragraf penutup, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kesempatan untuk melamar pekerjaan. Saya yakin sistematika surat lamaran yang saya buat dan contohnya dapat membuat perusahaan tertarik untuk memperhatikan lamaran saya.
Saya yakin saya dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dengan baik. Terima kasih.

Paragraf Kelebihan

Paragraf Kelebihan dalam sistematika surat lamaran pekerjaan merupakan bagian penting yang harus dimasukkan dalam surat lamaran . Di sini, Anda bisa menjelaskan kelebihan yang dimiliki dan keterampilan yang Anda miliki yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Misalnya, Anda bisa menyebutkan keterampilan yang Anda miliki sebagai manajer proyek atau pengalaman yang Anda miliki dalam menangani masalah kompleks. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan bagaimana Anda telah melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Dengan demikian, Anda dapat memberikan alasan-alasan yang kuat mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Artikel Terkait

WiryaOne adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta edukasi, kreatifitas dalam dunia internet.

Tinggalkan komentar