Contoh Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) SD

Contoh Kurikulum Operasional

Dalam ilmu pendidikan kurikulum merupakan elemen atau komponen penting yang berposisi dan berperan menunjang tujuan Pendidikan dan pembelajaran. Kurikulum diplementasikan dalam bentuk pembelajaran menggunakan metode dan sumber belajar yang tepat, terjadi dalam konteks/lingkungan tertentu dan dinilai pencapaiannya.

Tujuan Pendidikan dan Pembelajaran

Tujuan didasari oleh pertimbangan filosofis, psikologis dan sosial, demikian juga kurikulum (terutama dalam pengembangan implementasi dan juga evaluasinya) juga memiliki dasar filosofis, psikologis dan sosial. Untuk mencapai tujuan pembelajaran siswa harus belajar hal-hal tertentu, atau terlibat dalam pengalaman belajar tertentu.

Contoh Kurikulum Operasional
Contoh Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) SD

Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah membutuhkan sebuah dokumen penting sebagai acuan dalam menjalankan program belajar dan mengajar. Dokumen ini merupakan dokumen kurikulum Operasional SD Negeri Baki 01 yang disusun sebagai pedoman dalam penyelengaraan kegiatan belajar dan mengajar.

Penyusun kurikulum operasional SD Negeri 01 Baki ini memberikan kebutuhan para murid serta mengembangkan kemampuan keterampilan abad 21 yang diliputi Integrasi PPK, 4C (Creative, Critical thinking, Communicative dan collaborative) dan Higher Order Thinking Skill (HOST)

Kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Negri Baki 01 disusun sebagai kerangka acuan atau pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah tahun pelajaran 2022-2023. Kurikulum operasional di satuan pendidikan juga sebagai panduan ketercapaian pembelajaran bagi peserta didik dan upaya guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

Kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Negri Baki 01 yang telah tersusun ini akan berjalan lancar bila ada dukungan penuh dari semua pihak, yaitu kepala sekolah, guru, komite sekolah dan stake holder yang ada. Mudah-mudahan dukungan dan partisipasi aktif semua pihak dapat memajukan SD Negri Baki 01. sesuai dengan apa yang telah terumuskan dalam visi, misi dan tujuan sekolah.

Terakhir, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung diselesaikannya kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Negri Baki 01. Teriring do’a, semoga kontribusi pemikiran, kerja keras dan dukungannya menjadi amal kebaikan.

Download Contoh Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) SD disini

Download Panduan Pengembangan Kur Operasional Sekolah / Penyusunan KOSP yang telah direvisi tahun 2022 disini

Demikian artikel tentang contoh kurikulum operasional di satuan pendidikan tahun 2022 ini, Semoga ada manfaatnya, terimakasih.

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar