Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi, Terkadang kita masih juga belum paham yang di maksud teks deskripsi, teks deskripsi merupakan teks yang menggambarkan atau menjelaskan suatu objek secara jelas seperti ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan terperinci.

Sehingga pembaca seolah-olah merasakan apa yang ditulis atau dideskripsikan penulis. Teks ini biasanya muncul dalam materi mata pelajaran bahasa Indonesia.

Contoh Teks Deskripsi

Dibawah ini 10 contoh teks deskripsi dengan berbagai tema dan objek juga analisis strukturnya:

  1. Teks Deskripsi tentang Keindahan Alam

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Bali mempunyai ratusan pantai cantik yang wajib dikunjungi. Salah satunya Pantai Melasti yang terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tepatnya berada di semenanjung bukit Ungasan.

Pantai ini disebut sebagai pesaing Pantai Pandawa karena keindahannya. Daya tarik Pantai Melasti sudah terlihat dari akses jalan menuju pantai. Jalan berliku dan tebing menjulang justru membuat wisatawan tak bisa menahan diri untuk mengabadikan momen. Sesampainya di sana, kamu akan disambut dengan pemandangan laut yang jernih, gua-gua kecil, dan pasir putih yang bersih.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Melasti. Selain menikmati sunset, kamu bisa snorkeling dan berenang karena ombaknya tidak terlalu besar. Meskipun masih dalam pengembangan, Pantai Melasti menyediakan toilet, tempat membilas kaki, serta ruang ganti yang nyaman.

Untuk menikmati suasana Pantai Melasti, kamu tidak dikenakan biaya alias gratis. Maka dari itu, pengunjung diharapkan terus menjaga kebersihan dan kelestarian di area pantai.

Penjelasan Struktur:

Judul: Dari judul, kita sudah menebak teks deskripsi tersebut menjelaskan mengenai Pantai Melasti.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum dan lokasi Pantai Melasti sebagai salah satu destinasi wisata di Bali.
Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai keindahan Pantai Melasti. Di paragraf 2-3, penulis menyebutkan secara detil gambaran akses menuju lokasi, suasana pantai, dan aktivitas yang bisa dilakukan.
Simpulan/Kesan: Simpulan serta kesan dari teks di atas terdapat di paragraf 4 dengan mengajak pembaca untuk sama-sama menjaga kebersihan Pantai Melasti.

  1. Teks Deskripsi tentang Hewan

Aku memiliki seekor kucing bernama Love. Ia berjenis kelamin betina dan keturunan ras Mainecoon. Love adalah kesayangan keluargaku. Ia selalu membuat kami gemas dengan tingkah lakunya.

Love berusia 1 tahun. Bulunya halus, lebat, berwarna abu-abu. Biru cerah adalah warna matanya. Ekornya panjang dan bergoyang setiap kali aku memanggil namanya. Love mempunyai dua telinga yang meruncing layaknya serigala.

Love suka sekali makan. Itu sebabnya ia cepat membesar. Sekarang, beratnya mencapai 5 kilogram. Meski begitu, Love tetap lincah bergerak kesana-kemari. Tetapi, aku harus waspada saat mengajaknya bermain, karena Love sesekali suka mencakar.

Aku sangat sayang dengan Love. Semenjak ada dia, aku lebih bersemangat dalam menjalani hari. Semoga Love selalu sehat dan menemaniku hingga tua nanti.

Penjelasan Struktur:

Judul: Dari judul, kita sudah menebak penulis akan menceritakan tentang kucing peliharaannya.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum kucing tersebut, mulai dari nama, ras, dan tingkah lakunya.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara rinci ciri-ciri fisik dan tingkah laku kucingnya.
Simpulan/Kesan: Penulis menyampaikan harapan agar kucingnya panjang umur. Hal ini terdapat di paragraf 4.

  1. Teks Deskripsi tentang Seseorang

Tak semua guru di sekolah galak dan menyebalkan. Contohnya, Ibu Sari, seorang guru Matematika yang menjadi idola bagi semua murid. Jam pelajarannya selalu dinanti oleh kami.

Bu Sari sangat sabar dan bertutur kata lembut setiap mengajar. Di akhir kelas, ia akan memberikan kuis untuk menguji sejauh mana pemahaman kami terhadap materi. Jika benar, ia mentraktir seluruh siswa dengan segelas es jeruk di kantin.

Meski usianya sudah kepala 5, Bu Sari tetap mencintai pekerjaannya. Ia selalu tersenyum, membalas candaan, bahkan mendengar keluh kesah para siswa. Tak heran, wajah Bu Sari terlihat awet muda karena aura positif yang terpancar dari hatinya. Uban dan keriput di matanya pun tak nampak.

Jika kami lulus nanti, kami sepakat untuk membelikan Bu Sari kenang-kenangan. Bu Sari adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Semoga akan ada penerus Bu Sari agar pelajaran Matematika terasa lebih menyenangkan.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang seorang guru.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum guru tersebut, mulai dari nama, mata pelajaran yang diajarkan, serta kehadirannya yang selalu ditunggu.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara rinci karakter, usia, dan penggambaran fisik dari gurunya.
Simpulan/Kesan: Penulis menyampaikan harapan agar guru-guru lain bisa mencontoh Bu Sari. Hal ini terdapat di paragraf 4.

  1. Teks Deskripsi tentang Makanan

Seblak adalah salah satu makanan khas Bandung yang berbahan dasar kerupuk. Seiring berjalannya waktu, varian seblak mulai bermunculan. Salah satunya, Seblak Jeletot.

Dalam bahasa Sunda, Jeletot artinya pedas. Kuah seblak Jeletot berwarna merah, bahkan cenderung kecoklatan. Warna ini diperoleh dari sambal atau bubuk cabai. Aromanya menggelitik hidung sampai membuat kita bersin.

Tak hanya kerupuk, topping atau isian Seblak Jeletot lebih beragam. Ada bakso, sosis, mie kuning, ceker, telur, hingga otak-otak. Rasanya gurih, pedas, dan cocok disantap saat cuaca dingin. Dijamin membuat ketagihan.

Namun, hidangan ini tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Pedasnya cabai bisa membuat sakit perut dan tentunya berbahaya bagi penderita asam lambung.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang Seblak.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan gambaran umum Seblak Jeletot yang merupakan makanan khas Bandung,
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan tampilan seblak secara rinci, mulai dari asal usul nama, warna, aroma, rasa, dan bahan yang terkandung dalam Seblak.
Simpulan/Kesan: Penulis menghimbau bahaya mengonsumsi seblak terlalu sering. Hal ini terdapat di paragraf 4.

  1. Teks Deskripsi tentang Suatu Tempat atau Acara

Pekan Raya Jakarta (PRJ) adalah acara tahunan yang diselenggarakan sebelum, saat, dan sesudah hari ulang tahun kota Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni. Acara ini pertama kali diadakan tahun 1968 di kawasan Monas, sebelum akhirnya dipindahkan ke Kemayoran sejak 1992 sampai sekarang.

Pekan Raya Jakarta menghadirkan ribuan merek lokal dan internasional, mulai dari pakaian, gadget, otomotif, aksesoris, makanan, minuman, hingga obat-obatan dengan harga miring. Tak ketinggalan acara hiburan seperti pesta kembang api dan penampilan dari musisi tanah air.

Luas area Pekan Raya Jakarta sekitar 10 hektar, yang dibagi menjadi indoor dan outdoor. Meski terdapat pendingin udara, pengunjung disarankan untuk menggunakan baju yang longgar agar tak kepanasan, terutama saat menonton acara musik. Jika lelah berjalan, ada shuttle bus gratis yang siap mengajak pengunjung berkeliling.

PRJ adalah acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tak hanya bagi warga Jakarta, tetapi juga masyarakat yang datang dari luar daerah. PRJ cocok dijadikan destinasi tempat hiburan, kuliner, sekaligus belanja di Jakarta.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang acara Pekan Raya Jakarta.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan pengertian dan sejarah PRJ.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail apa saja yang ada di Pekan Raya Jakarta. Penulis juga menjelaskan situasi dan suasana selama acara tersebut berlangsung.
Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesan terhadap PRJ. Hal ini terdapat di paragraf 4.

  1. Teks Deskripsi tentang Ruangan

Mencari kost di Jakarta memang tak mudah. Beruntungnya, aku menemukan kost yang nyaman dan sesuai kebutuhan. Kost ini juga memiliki fasilitas lengkap serta berada di pusat kota, sehingga aku bisa menghemat ongkos transportasi.

Dari luar, kost ini terlihat asri dengan cat monokrom dan tanaman gantung yang dipasang di pagar depan. Begitu masuk, kita akan bertemu dengan area parkir yang luas, taman kecil, dan pos satpam. Kost ini mempunyai 3 lantai dengan masing-masing dapur yang bisa dipakai bersama. Ada kulkas, peralatan masak, dan dispenser.

Kamarku berada di lantai 2 dengan luas 3×4 meter persegi. Ada kamar mandi dalam yang dilengkapi WC duduk, air panas, dan shower. Aku menaruh lemari, ranjang berukuran sedang, serta meja kerja. Tak ketinggalan, kost ini mempunyai jendela besar agar sirkulasi udara tetap terjaga. Kalau cuaca sedang panas, aku bisa menyalakan AC.

Selama satu tahun tinggal di sini, aku merasa betah. Ditambah lingkungannya yang strategis, sejuk dan tidak berisik. Semoga saja, harga sewanya tidak naik.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang kost penulis.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan bahwa kost tersebut nyaman dan berada di pusat kota.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail fasilitas, luas, dan barang-barang yang ada di kostnya.
Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesimpulan dan harapan tentang kostnya. Hal ini terdapat di paragraf 4.

Baca juga: Ciri, Syarat, dan Contoh Kalimat Efektif dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Teks Deskripsi Tentang Tanaman

Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang mudah ditemui. Kunyit dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan. Kunyit memiliki nama latin Curcuma Longa.

Tinggi batang kunyit mencapai 40-100 cm. Memiliki daun berwarna hijau pucat dengan panjang 20-40 cm dan lebar 8 cm. Daun kunyit mempunyai struktur yang mirip dengan sirip ikan. Satu batang tumbuhan kunyit menghasilkan 3 sampai 8 helai daun.

Bunga kunyit berwarna putih atau kuning muda dengan bentuk kerucut. Bagian utama tanaman ini terletak pada rimpang yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Rimpang dilapisi kulit berwarna kecoklatan dan bagian dalamnya berwarna kuning tua, kuning jingga, atau kuning jingga kemerahan sampai kecoklatan.

Kunyit mempunyai manfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, obat malaria, obat sakit perut, hingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa menanam tanaman ini di rumah dengan memecah rimpang menjadi tunas-tunas kecil.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang tanaman kunyit.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan bahwa kunyit merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail ciri-ciri fisik tanaman kunyit.
Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesimpulan mengenai manfaat dan cara menanam kunyit. Hal ini terdapat di paragraf 4.

  1. Teks Deskripsi tentang Produk atau Benda Kesayangan

Aku memiliki ponsel iPhone XS Max. Ponsel ini adalah hadiah ulang tahun ke 17 dari orangtuaku. Tak terasa, sudah 3 tahun aku menggunakannya dan masih tetap awet meski pernah terjatuh beberapa kali.

Ponselku berwarna abu-abu mengkilat. Terdapat dua kamera di bagian belakang dan satu kamera depan. Layarnya berukuran 6,5 inci sehingga nyaman untuk menonton film, bermain games, atau menyunting foto. Walaupun mempunyai layar yang lebar, iPhone XS Max tidak terasa berat saat digenggam. Aku sering memasukannya di saku celana atau jaket.

Selain itu, ada dua speaker di bagian bawah dengan kualitas audio yang sangat jernih. Kapasitas penyimpanannya pun besar, yaitu 128 GB. Baterainya awet dan yang terpenting tidak mudah ngehang ketika membuka banyak aplikasi. Ponsel ini juga tahan air hingga kedalaman 2 meter, lho!

Ponselku menyimpan berbagai kenangan. Foto SMA, kelulusan, momen bersama keluarga, teman, pacar, serta berbagai tempat yang pernah aku datangi. Namun, jika mempunyai rezeki lebih, aku ingin menggantinya dengan seri terbaru agar tak ketinggalan zaman.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang ponsel penulis.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan seri dan waktu pemakaian ponsel penulis.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail desain dan spesifikasi dari ponsel tersebut.
Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesan dan harapan untuk mengganti ponselnya dengan seri terbaru. Hal ini terdapat di paragraf 4.

Baca juga: Apa Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif? Perhatikan Cirinya, Yuk!

  1. Teks Deskripsi tentang Kendaraan

Siapa yang tak kenal Commuterline? Kereta listrik ini telah menjadi moda transportasi bagi warga Jabodetabek dengan tarif yang terjangkau. Commuterline melayani 6 rute meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang.

KRL Commuterline memiliki 3 jenis kereta dengan jumlah gerbong yang berbeda. Ada yang berjumlah 8, 10, dan 12. Di setiap gerbong pertama dan terakhir dikhususkan untuk perempuan dengan interior berwarna merah muda. Sedangkan gerbong lainnya dapat diisi oleh penumpang laki-laki maupun perempuan.

Gerbong KRL Commuterline dilengkapi dengan pendingin udara dan televisi mini yang memutarkan jadwal, iklan, dan informasi terkini. Di sebelah pintu awal dan akhir gerbong, terdapat bangku khusus ibu hamil, lansia, serta penyandang disabilitas. Total ada 8 bangku panjang di setiap gerbong yang dapat menampung 56 penumpang. Disediakan pula handstrap atau pegangan tangan bagi penumpang yang berdiri.

Sayangnya, jadwal KRL masih suka terlambat. Hal ini mengakibatkan penumpukan penumpang sehingga gerbong menjadi penuh sesak. Semoga pelayanan KRL Commuterline lebih baik lagi.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang KRL Commuterline.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan bahwa KRL Commuterline merupakan transportasi dengan harga terjangkau.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail interior dan fasilitas yang ada di KRL Commuterline.
Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesimpulan dan harapannya terhadap pelayanan KRL. Hal ini terdapat di paragraf 4.

  1. Teks Deskripsi tentang Kesenian

Tari Jaipong adalah kesenian khas Sunda yang berkembang di daerah Karawang dan Bandung. Tarian ini merupakan gabungan dari Tari Banjet, Tari Pencak Silat, Tari Ketuk Tilu, Tari Wayang Golek, dan Tari Topeng. Tari Jaipong ditampilkan pada acara-acara penting, seperti penyambutan tamu dari luar negeri.

Tari Jaipong dapat ditampilkan seorang diri, berpasangan, maupun grup. Tarian ini tak terbatas pada gender, artinya bisa dilakukan oleh laki-laki serta perempuan. Para penari menggunakan properti yang terdiri dari selendang (sampur), baju atasan (apok), kain panjang (sinjang), dan aksesoris di kepala.

Tari Jaipong diiringi dengan musik gendang, kecrek, gong, rebab, ketuk ketuk, serta alunan lagu dari seorang sinden. Tarian ini dibawakan dengan enerjik dengan ketukan tempo yang cepat. Ciri khas gerakan Tari Jaipong terletak pada hentakan pinggul, ayunan tangan, dan sorotan mata yang tajam.

Meski tergolong tari tradisional, Jaipong masih digemari oleh semua kalangan. Bahkan tarian ini beberapa kali dipentaskan di negeri tetangga. Semoga tarian ini tak dilupakan oleh anak cucu kita kelak.

Penjelasan Struktur:

Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang Tari Jaipong.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan asal usul Tari Jaipong.
Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail properti, gerakan, dan siapa saja yang bisa membawakan Tari Jaipong.


Referensi:

Pantai Melasti [Daring]. Tautan: https://www.water-sport-bali.com/pantai-melasti-ungasan/

Kunyit [Daring]. Tautan: https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=345

Jakarta Fair [Daring]. Tautan: https://jakartafair.co.id/

Tari Jaipong [Daring]. Tautan: https://regional.kompas.com/read/2022/08/22/225214478/tari-jaipong-gerakan-pola-lantai-properti-iringan-dan-maknanya?page=all

(Diakses 25-26 September 2022)

Artikel Terkait

Wirya One adalah penulis utama dari blog Lentera EDU. Dia adalah pecinta ilmu komunikasi, psikologi, filofosi dan dunia internet.

Tinggalkan komentar